home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ukir Sejarah! Momen Mengejutkan Pertemuan Pemimpin Korsel-Korut Sambil Gandengan Tangan

Jumat, 27 April 2018 10:25 by reinasoebisono | 1749 hits
Ukir Sejarah! Momen Mengejutkan Pertemuan Pemimpin Korsel-Korut Sambil Gandengan Tangan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pertemuan antar kedua negara yang sebenarnya bersaudara, Korea Selatan dan Korea Utara resmi terjadi di garis demarkasi militer alias desa gencatan senjata Panmunjom. Zona netral itu jadi saksi momen super bersejarah yang pertama kalinya terjadi.

Kedua pemimpin negara itu yaitu Moon Jae In dari Selatan dan Kim Jong Un dari Utara terlihat sangat mesra. Tak nampak gambaran ‘perang’ yang puluhan tahun belakangan terjadi secara panas dan menegangkan.

“Saya senang bertemu Anda,” ujar Moon sambil tersenyum pada Kim, melansir Detik yang dibalas oleh respon Kim Jong Un.


 

"Saya datang ke sini bertekad untuk mengirim sinyal awal di ambang sebuah sejarah baru," kata Kim kepada Moon, seraya menjanjikan "pemikiran yang terbuka, serius dan jujur".

Moon Jae In dan Kim Jong Un berjabat tangan di atas tanah garis demarkasi militer tersebut, menobatkan Kim jadi pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kaki di Korsel sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun silam.

Baca juga: Punya Rumah Mungil Jadi Tren Baru Pasangan Muda Korea Selatan

Setelah mengabadikan lewat foto, keduanya menuju lokasi diskusi di mana terlihat momen sangat mesra. Keduanya bergandengan tangan sambil memandu satu sama lain untuk melewati jalan.


Moon mengatakan bahwa dirinya berharap mereka akan mencapai "kesepakatan kuat sehingga kita bisa memberikan hadiah besar bagi seluruh rakyat Korea dan orang-orang yang menginginkan perdamaian".

Dari pihak Korea Utara, kantor berita resminya KCNA melaporkan jika Kim  "akan membahas secara terbuka semua isu yang muncul dalam memperbaiki hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran dan reunifikasi semenanjung Korea".

Hawa ‘damai’ makin terasa di mana kedatangan Kim disertai oleh saudara perempuan sekaligus penasihat dekatnya yang sebelumnya sudah sempat bertemu Moon Jae In di ajang Olimpiade PyeongChang 2018, bernama Kim Yo Jong.

(rei/image: Detik)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)