home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Korea Utara Baru Saja Memiliki Ibu Negara dalam 40 Tahun Belakangan

Selasa, 24 April 2018 10:30 by reinasoebisono | 2415 hits
Ternyata Korea Utara Baru Saja Memiliki Ibu Negara dalam 40 Tahun Belakangan
Image source: The Independent

DREAMERS.ID - Meski Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memiliki istri, namun ternyata wanita bernama Ri Sol Ju itu selama ini tidak dianggap sebagai Ibu Negara. Ri Sol Ju pun sebenarnya baru beberapa tahun belakangan tampil di depan publik meski keturunan dari keduanya sangat dirahasiakan.

Begitu pula nasib istri-istri pemimpin sebelumnya yang tidak dianggap sebagai Ibu Negara. Namun kini setelah 40 tahun, Korea Utara mengakui seorang Ibu Negara, yaitu Ri Sol Ju setelah terus mendampingi dalam beberapa jamuan internasional.

Penobatan itu diduga sebagai langkah memperkuat statusnya jelang pertmeuan antar dua Korea atau Konferensi Tingkat Tinggi Korea Selatan dan Korea Utara, dilanjut pertemuan dengan Amerika Serikat Mei mendatang.

Penobatan ini terjadi pada akhir pekan lalu di pertunjukkan balet bersama rombongan pejabat Cina. Media milik pemerintah Korut untuk pertama kalinya menyebut ‘Ibu Negara Terhormat’ mengacu pada Ri. Hal ini menandakan untuk pertama kalinya gelar tersebut disematkan pada istri pemimpin Korut selama 40 tahun terakhir.


Image source: Brilio

Hal ini juga dianggap sebagai gebrakan baru yang bertentangan dengan kebiasaan para pemimpin Korut sebelumnya. Meski dianggap sebagai perempuan berpengaruh di sana, Ri Sol Ju tetap memiliki peranan yang sedikit.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Usaha penobatan ini juga dianggap sebagai strategi menyamakan Ri Sol Ju dengan Kim Jung Sook, Ibu Negara Korsel dan Melania Trump, Ibu Negara Amerika Serikat.

"KTT akan digelar sebagai persamaan. Jika dihadiri Melania Trump, maka Ri juga akan datang," kata An Chan-il, peneliti yang juga pembelot Korut dilansir Guardian. Sebelumnya media Korut menjuluki Ri sebagai "komrad". Gelar ibu negara terakhir diberikan kepada Kim Songae, istri kedua pendiri Korut, Kim Il-sung.

Sementara itu profil Ri Sol Ju sendiri belum banyak diketahui dan hanya diduga saja. Ia diyakini berusia 29 tahun dan telah memiliki tiga anak bersama Kim Jong Un. Laporan intelijen Korsel mengatakan jika Ri berasal dari keluarga biasa di mana ayahnya seorang guru sementara sang ibu adalah dokter.

Dugaan lain adalah Kim Jong Un cukup dekat karena tinggal bersama ibunya, Ko Yong Hui yang meninggal pada 2004 karena kanker payudara. Karena alasan itulah Kim diduga ingin mengangkat status istrinya sendiri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)