home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Pertemuan Bersejarah, Korea Utara Serius Rela Hapus Program Nuklir Tanpa Syarat?

Sabtu, 21 April 2018 13:00 by reinasoebisono | 2353 hits
Jelang Pertemuan Bersejarah, Korea Utara Serius Rela Hapus Program Nuklir Tanpa Syarat?
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Di tengah rencana pertemuan bersejarah dua pemimpin Negara Korea akhir April mendatang, isi pertemuannya pun gencar dibahas. Setelah beredar isu perdamaian setelah berpuluh-puluh tahun gencatan senjata, kini Korea Utara dikabarkan siap menghapus program nuklirnya.

Dilansir dari laman Viva, Presiden Korsel Moon Jae In mengatakan jika Korea Utara sempat mengungkapkan komitmennya untuk menghapus program nuklir miliknya dari Semenanjung Korea yang selama ini kerap memanas, tanpa syarat!

Meski niat itu dianggap baik dan melegakan, pihak Amerika Serikat mengatakan akan tetap waspada dan mempertahankan tekanan maksimum terhadap Pyongyang, alias Ibu Kota Korea Utara.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Menurut Moon Jae In, kesepakatan tentang denuklirisasi yang membangun perdamaian dan normalisasi hubungan, seharusnya tidak sulit dicapai melalui Pertemuan Tingkat Tinggi Korut-Korsel minggu depan. Pertemuan ini juga akan berdampak pada pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump di kemudian hari.

"Denuklirisasi memiliki makna yang sama untuk Selatan dan Utara. Korea Utara juga telah mengekspresikan kemauan untuk menghapus nuklir secara penuh," kata Moon. "Mereka belum membuat syarat apapun yang tak disetujui AS, seperti penarikan pasukan dari Korea Selatan. Semua pembicaraan adalah untuk mengakhiri permusuhan, yang diikuti dengan jaminan keamanan,"

Beberapa waktu yang lalu, Presiden AS Donald Trump juga mengumumkan rencananya untuk bertemu dengan Kim Jong Un pada akhir Mei atau awal Juni. Pertemuan bersejarah yang berlum pernah terjadi antar dua pemimpin negara itu disinyalir bertujuan untuk membujuk Korut melepaskan senjata nuklirnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)