home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Pertemuan Bersejarah, Korea Utara Serius Rela Hapus Program Nuklir Tanpa Syarat?

Sabtu, 21 April 2018 13:00 by reinasoebisono | 2281 hits
Jelang Pertemuan Bersejarah, Korea Utara Serius Rela Hapus Program Nuklir Tanpa Syarat?
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Di tengah rencana pertemuan bersejarah dua pemimpin Negara Korea akhir April mendatang, isi pertemuannya pun gencar dibahas. Setelah beredar isu perdamaian setelah berpuluh-puluh tahun gencatan senjata, kini Korea Utara dikabarkan siap menghapus program nuklirnya.

Dilansir dari laman Viva, Presiden Korsel Moon Jae In mengatakan jika Korea Utara sempat mengungkapkan komitmennya untuk menghapus program nuklir miliknya dari Semenanjung Korea yang selama ini kerap memanas, tanpa syarat!

Meski niat itu dianggap baik dan melegakan, pihak Amerika Serikat mengatakan akan tetap waspada dan mempertahankan tekanan maksimum terhadap Pyongyang, alias Ibu Kota Korea Utara.

Baca juga: Duh, Tentara Korea Utara Ditangkap Usai Menarikan Lagu BTS

Menurut Moon Jae In, kesepakatan tentang denuklirisasi yang membangun perdamaian dan normalisasi hubungan, seharusnya tidak sulit dicapai melalui Pertemuan Tingkat Tinggi Korut-Korsel minggu depan. Pertemuan ini juga akan berdampak pada pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump di kemudian hari.

"Denuklirisasi memiliki makna yang sama untuk Selatan dan Utara. Korea Utara juga telah mengekspresikan kemauan untuk menghapus nuklir secara penuh," kata Moon. "Mereka belum membuat syarat apapun yang tak disetujui AS, seperti penarikan pasukan dari Korea Selatan. Semua pembicaraan adalah untuk mengakhiri permusuhan, yang diikuti dengan jaminan keamanan,"

Beberapa waktu yang lalu, Presiden AS Donald Trump juga mengumumkan rencananya untuk bertemu dengan Kim Jong Un pada akhir Mei atau awal Juni. Pertemuan bersejarah yang berlum pernah terjadi antar dua pemimpin negara itu disinyalir bertujuan untuk membujuk Korut melepaskan senjata nuklirnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)