SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Keluarkan Kebijakan untuk Ganti Azan dengan WhatsApp!

Jumat, 13 April 2018 14:30 by reinasoebisono | 3173 hits
Negara Ini Keluarkan Kebijakan untuk Ganti Azan dengan WhatsApp!
Image source: SkyscraperCity

DREAMERS.ID - Panggilan ibadah untuk umat Muslim atau Azan menjadi simbol untuk melaksanakan Salat lima waktu di seluruh dunia. Sayangnya, sebuah negara berniat mengganti panggilan agamis itu menjadi sesuatu yang lebih ‘kekinian’, yang tentu saja menuai kontroversi.

Adalah pemerintah Ghana yang mengeluarkan kebijakan untuk meminta kepada umat muslim di wilayahnya mengganti azan dengan pesan teks atau WhatsApp. Alasannya, melansir Viva, karena panggilan ibadah yang umumnya menggunakan pengeras suara itu mengganggu kenyamanan sekitar.

Perintah mengganti panggilan ibadah dengan WhatsApp disampaikan oleh Menteri Lingkungan, Sains, Teknologi dan Inovasi Ghana, Kwabena Frimpong Boateng.  Menurutnya, peralihan cara panggilan ibadah ini akan mengurangi polusi suara di Ghana.

Baca juga: Cerita Dibalik Pemberian Nama Bayi Joko Widodo Ma'ruf Asal Sragen yang Viral

"Di rumah ibadah, mengapa suara harus terbatas pada rumah ibadah tersebut dan lagi-lagi berasal dari masjid. Kenapa waktu untuk beribadah tidak ditransmisikan saja dengan pesan teks atau WhatsApp," jelas Boateng. 

Lebih lanjut, menyiarkan panggilan ibadah melalui WhatsApp, menurut Boateng mempermudah pemimpin ibadah karena hanya mengirimkan pesan teks. Imbauan kontroversial itu pun bukan hanya ditujukan pada Azan, namun juga untuk gereja-gereja di Ghana.

Sang menteri memang menyadari imbauannya tersebut akan memicu kontroversi. Namun demikian, Boateng meyakini sarannya mengganti panggilan ibadah dengan WhatsApp, layak untuk dipertimbangkan. 

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)