SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penumpang Tuntut Garuda Indonesia 11.5 Miliar Karena Dituding Sebabkan Cacat Permanen

Kamis, 12 April 2018 14:40 by reinasoebisono | 2032 hits
Penumpang Tuntut Garuda Indonesia 11.5 Miliar Karena Dituding Sebabkan Cacat Permanen
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Maskapai Nasional Tanah, Air, Garuda Indonesia digugat salah seorang penumpangnya yang merasa dirugikan secara fisik. Penumpang bernama B.R.A Kosmariam Djatikusomo itu sebelumnya terbang dengan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-264 dengan rute Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Blimbingsari di Banyuwangi.

"Iya baru saja hari ini, Rabu (11/4) didaftarkan gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 215/PDT.G/2018/PN.JKT.PST, atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan Garuda," kata David Tobing, kuasa hukum Kosmariam.

Gugatan tersebut diajukan karena adanya insiden yang menimpa Kosmariam pada penerbangan tersebut tanggal 29 Desember 2017. Disebutkan, insiden terjadi ketika seorang pramugari Garuda memberikan makanan kepada penumpang dan menumpahkan dua gelas air panas ke tubuh Kosmariam.

Luka tersebut dikatakan berakibat cacat permanen, mengacu pada ketentuan Pasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Perhubungan No PM 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara. Dikategorikan cacat tetap adalah salah satu anggota badan atau yang mempengaruhi aktivitas secara normal seperti hilangnya tangan, kaki atau mata termasuk dalam pengertian cacat tetap adalah cacat mental.

"Kami menilai pramugari Garuda lalai, karena para pramugari yang menyediakan makanan sedang ngobrol satu sama lain, sehingga menumpahkan air panas," jelas David. "Akibat insiden tersebut, kulit klien kami melepuh, dan tidak bisa kembali seperti semula. Sehingga sesuai dengan ketentuan tersebut," 

Pihak David juga menyayangkan tindakan Garuda yang tak kooperatif karena selama 1.5 bulan pasca insiden, kliennya tak pernah lagi dihubungi Garuda. Sementara dalam gugatanya, Kosmariam meminta ganti rugi senilai Rp 1.25 miliar atas kerugian material dan Rp 10 miliar atas ganti rugi imaterial.

"Ketika kejadian penanganannya juga minim, penggugat hanya diberikan salep, setelah tiba di tujuan memang langsung dibawa ke rumah sakit. Hanya saja selama 1,5 bulan pasca kejadian Garuda tak pernah menghubungi lagi," sambungnya.

Namun hal itu dibantah oleh Senior Manager Public Relation PT Garuda Indonesia Tbk (Persero),Ikhsan Rosan, melansir Tribunnews. Menurutnya, pihak Garuda justru terus memberikan biaya pengobatan yang dilakukan korban.

"Begitu kejadian, kita langsung bawa ke rumah sakit. Kembali ke Jakarta pun, kita tetap support biaya pengobatan ke penumpang," kata Ikhsan yang juga menambahkan jika Garuda telah memberi pesan jika siap dihubungi kapan pun oleh Kosmariam jika ada kebutuhan lainterkait pengobatan.

(rei)

  • HOT !
    Spekulasi koalisi makin santer berkembang dengan adanya pertemuan pertemuan para petinggi elit politik yang membuat banyak prediksi kubu saat Pilpres 2019 mendatang terbentuk. Salah satu yang dibicarakan adalah koalisi antara Partai Demokrat, serta Partai Gerindra yang kemarin baru mengumumkan Prabowo Subianto sebagai calon presidennya....
  • HOT !
    Musisi Ahmad Dhani sempat dilaporkan oleh pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017 yang merasa keberatan dengan kicauan mantan suami Maia Estianty itu di Twitter....
  • HOT !
    Alasan seseorang menikah biasanya karena cukup umur, menunaikan Sunnah Rasul atau pun memang ingin menghabiskan hidup bersama yang dicintai. Namun sepasang kekasih di Bantaeng, Sulawesi Selatan akhir akhir ini menghebohkan dunia maya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)