home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal ERP yang Buat Wacana Mobil Masuk Jakarta Harus Bayar Diusulkan

Rabu, 28 Maret 2018 11:00 by reinasoebisono | 1394 hits
Mengenal ERP yang Buat Wacana Mobil Masuk Jakarta Harus Bayar Diusulkan
Image source: Metro TV News

DREAMERS.ID - Pemerintah berusaha keras untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Mulai dari penerapan ganjil-genap di dalam mau pun perbatasan Jakarta seperti Bekasi, kini ada usulan yang sebenarnya telah lama bergulis.

Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengusulkan pemberlakuan tarif secara elektronik atau electronic road pricing (ERP) untuk mobil pribadi yang akan masuk ke DKI Jakarta. Melansir Liputan6, pemberlakuan tarif masuk Jakarta ini akan dibedakan berdasarkan jam.

Artinya, permberlakuan tarif masuk Jakarta itu akan lebih mahal dibanding saat jam lengang. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, Dedi Taufik menyatakan belum bisa merinci seberapa besar bayaran yang harus dikeluarkan masyarakat, namun pihaknya tengah melakukan studi untuk di Margonda, Depok harus berbayar.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

"Kemacetan Ibu Kota harus ada solusi. Ini sedang dikaji, agar masyarakat bisa beralih ke transportasi publik," katanya mengutip Merdeka.

ERP sendiri adalah sebuah alat dan sistem yang membuat pengguna kendaraan pribadi yang melewatinya akan dikenakan tarif progresif. Penerapan ERP ini diharapkan menjadi pengendali lalu lintas untuk mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

Namun penerapan sistem ERP ini membutuhkan persiapan. MenteriPerhubungan Budi Karya pun menuturkan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek akan mengkaji kebijakan ERP ini sebelum menerapkan sistem jalan berbayar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)