home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Tiga Produk Sarden yang Dipastikan BPOM Terbukti Mengandung Cacing

Kamis, 22 Maret 2018 12:24 by reinasoebisono | 2643 hits
Ini Dia Tiga Produk Sarden yang Dipastikan BPOM Terbukti Mengandung Cacing
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Rilisan hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru memperlihatkan jika ada tiga produk impor ikan mackarel kalengan atau yang lebih sering disebut sarden kalengan di Indonesia yang mengandung cacing.

Isu ini sebenarnya sudah berkembang selama beberapa hari dan dikonfirmasi oleh BPOM sekaligus menyerukan agar produk impor tersebut harus segera ditarik dari peredaran dan menghimbau masyarakat agar tidak mengonsumsinya.

"Ada tiga produk ikan makarel, yaitu merek IO, Farmer Jack, dan HOKI," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru, Muhammad Kashuri, di Pekanbaru, Riau, Rabu, (21/3).

Inspeksi mendadak dilakukan oleh BBPOM Kota Pekanbaru beserta uji laboratorium setelah sejumlah foto dan video di media sosial dari warga beredar viral yang memperlihatkan adanya cacing dalam produk ikan kaleng jenis makarel.

Kashuri menjelaskan, kasus pertama mencuat di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, dan kemudian menyusul kasus serupa di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pihaknya lalu berkoordinasi dengan dinas kesehatan di lokasi tersebut untuk mengambil sampel produk untuk diperiksa di laboratorium, mengutip Tempo.


Image source: Tempo

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

"Artinya, terkonfirmasi memang benar ada sejenis cacing, tapi bukan cacing pita seperti yang viral di media sosial. Jadi ada cacing Anisakis species, cantik namanya," kata Kashuri.

Cacing Anisakis sp sendiri adalah parasit yang dapat menimbulkan masalah pada ikan dan juga manusia. Jika dikonsumsi tanpa dimasak, dalam keadaan mentah, atau pun setengah masak akan mengakibatkan penyakit. Cacing tersebut pun dilaporkan sudah mati dalam kaleng ikan, sehingga disimpulkan bukan akibat kerusakan kemasan maupun karena kadaluwarsa.

Kashuri menjelaskan, cacing secara umum mengandung sumber protein tinggi, sehingga bisa memicu zat alergen atau mengakiabtkan alergi jika dikonsumsi. Namun hal lebih ebrbahaya bisa timbul jika dikonsumsi oleh orang yang punya riwayat penyakit asma.

"Karena itu, pada orang-orang tertentu yang tidak tahan dengan reaksi alergi, kemungkinan menimbulkan alergi bisa mulai gatal-gatal pada kulit," tuturnya. "Ini bahayanya kalau yang konsumsi orang yang punya riwayat sakit asma, bisa sesak nafas,"

BBPOM telah mengeluarkan surat peringatan keras dan sanksi ke importir tiga merek tersebut. Importir harus melakukan penarikan terhadap produk yang masih beredar di pasar, dan akan terus diawasi oleh balai di bawah koordinasi BPOM tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)