SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?

Sabtu, 10 Maret 2018 12:26 by reinasoebisono | 1905 hits
Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk meregistrasi ulang data simcard pengguna provider apa pun di Indonesia. Dalam registrasi tersebut, pengguna wajib mencantumkan nomor KTP dan nomor KK.

Dalam prosesnya, berhembus pula kabar soal penyalahgunaan data yang didapatkan tersebut. Mengingat data yang diberikan termasuk dara pribadi seseorang. Lalu apa tanggapan pihak Kemenkominfo?

Henri Subiakto, Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum mengatakan jika masyarakat tidak perlu khawatir. Karena NIK dan KK digunakan sebagai sarana keamanan dari penduduk itu sendiri.

"NIK dan KK itu bentuk cyber security, karena tidak semua orang bisa memiliki dua data tersebut milik orang lain untuk melakukan pemalsuan. Data tersebut pun dilindungi, bahkan tidak diberikan kepada operator," ujarnya.

Baca juga: Yuk Cek Status Nomor Kamu di Hari Terakhir Registrasi Sim Card!

"Tidak ada penyalahgunaan data. Memang ada data milik orang-orang tertentu, tapi itu sudah sejak lama tersebar di internet. Kami sendiri belum tahu tujuan pihak-pihak yang meng-upload KTP dan KK milik orang lain," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk melawan program pemerintah. "Bahkan ada yang bilang ini bukan program Kominfo. Padahal kami sudah merancangnya bersama Presiden serta teman-teman di BRTI," ucapnya mengutip Detik.

Lebih lanjut, program registrasi ulang disebut Henri cukup sukses karena hanya sedikit lagi nomor yang belum tervalidasi dari total yang ditargetkan. 

"339 juta nomor tervalidasi itu baru sampai hari ini, padahal orang-orang masih bisa meregistrasi sampai 30 April. Kita sangat optimis bahwa ini sangat bagus," ujar Henri. "Jika total nomor ponsel kira-kira 360 juta lebih, berarti kan selisihnya sudah tinggal sedikit. Ini sudah melampaui harapan kami semua, dan itu jadi bukti sukses," 

(rei)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)