SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?

Sabtu, 10 Maret 2018 12:26 by reinasoebisono | 1930 hits
Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk meregistrasi ulang data simcard pengguna provider apa pun di Indonesia. Dalam registrasi tersebut, pengguna wajib mencantumkan nomor KTP dan nomor KK.

Dalam prosesnya, berhembus pula kabar soal penyalahgunaan data yang didapatkan tersebut. Mengingat data yang diberikan termasuk dara pribadi seseorang. Lalu apa tanggapan pihak Kemenkominfo?

Henri Subiakto, Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum mengatakan jika masyarakat tidak perlu khawatir. Karena NIK dan KK digunakan sebagai sarana keamanan dari penduduk itu sendiri.

"NIK dan KK itu bentuk cyber security, karena tidak semua orang bisa memiliki dua data tersebut milik orang lain untuk melakukan pemalsuan. Data tersebut pun dilindungi, bahkan tidak diberikan kepada operator," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max

"Tidak ada penyalahgunaan data. Memang ada data milik orang-orang tertentu, tapi itu sudah sejak lama tersebar di internet. Kami sendiri belum tahu tujuan pihak-pihak yang meng-upload KTP dan KK milik orang lain," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk melawan program pemerintah. "Bahkan ada yang bilang ini bukan program Kominfo. Padahal kami sudah merancangnya bersama Presiden serta teman-teman di BRTI," ucapnya mengutip Detik.

Lebih lanjut, program registrasi ulang disebut Henri cukup sukses karena hanya sedikit lagi nomor yang belum tervalidasi dari total yang ditargetkan. 

"339 juta nomor tervalidasi itu baru sampai hari ini, padahal orang-orang masih bisa meregistrasi sampai 30 April. Kita sangat optimis bahwa ini sangat bagus," ujar Henri. "Jika total nomor ponsel kira-kira 360 juta lebih, berarti kan selisihnya sudah tinggal sedikit. Ini sudah melampaui harapan kami semua, dan itu jadi bukti sukses," 

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)