SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejarah Akan Terukir: Trump dan Kim Jong Un Gelar Pertemuan, Bahas Penghapusan Nuklir Korut?

Jumat, 09 Maret 2018 14:08 by reinasoebisono | 1745 hits
Sejarah Akan Terukir: Trump dan Kim Jong Un Gelar Pertemuan, Bahas Penghapusan Nuklir Korut?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Media di berbagai belahan dunia langsung ramai membahs rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Pasalnya, pertemuan ini akan mencetak sejarah baru.

Terlebih, selama ini hubungan keduanya dikenal dingin dan saling lontar hinaan terkait masalah keamanan dunia dan senjata nuklir. Namun kini, keduanya dikabarkan tengah menyusun agenda pertemuan yang akan digelar Mei mendatang.

Pengumuman ini disampaikan secara mendadak, melansir Detik, oleh Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui Yong di halaman Gedung Putih setelah bertemu Trump pada Kamis (8/3) waktu setempat.

Disinyalir, Chung menyampaikan hasil pertemuan pejabat senior Korea selatan dengan sejumlah elit Korut di awal pekan ini. Hal ini pun membuktikan jika Korut menyampaikan kepada Korsel untuk bisa mengadakan pertemuan dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Moon Jae In Sebut Pertemuan Kedua Kim Jong Un - Donald Trump Bisa Jadi Titik Balik Perdamaian Semenanjung Korea

"Saya memberi tahu Presiden Trump bahwa dalam pertemuan kami, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menyatakan dirinya berkomitmen pada denuklirisasi. Kim bersumpah Korea Utara akan menahan diri dari setiap uji coba nuklir atau rudal di masa mendatang," ucap Chung. 

"Dia (Kim Jong-Un) memahami bahwa latihan militer gabungan rutin antara Republik Korea (Korsel) dan Amerika Serikat harus berlanjut dan dia menyampaikan keinginan besar untuk bertemu Presiden Trump sesegera mungkin," imbuhnya. 

Chung juga mengatakan jika Presiden Trump mengapresiasi penjelasan ini dan akan bertemu Kim Jong Un pada bulan Mei. Jika benar terjadi, hal ini akan yang jadi yang pertama bagi Presiden AS dan pemimpin Korut bertemu. Dalam pernyataan terpisah, pihak Gedung Putih pun mengonfirmasi kesediaan Trump menerima undangan tersebut.

"Dia (Trump-red) akan menerima undang untuk bertemu dengan Kim Jong-Un pada tempat dan waktu yang akan ditentukan. Kami menantikan denuklirisasi Korea Utara. Untuk sementara waktu, seluruh sanksi dan tekanan maksimum harus tetap diberlakukan," ucap Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)