home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejarah Akan Terukir: Trump dan Kim Jong Un Gelar Pertemuan, Bahas Penghapusan Nuklir Korut?

Jumat, 09 Maret 2018 14:08 by reinasoebisono | 1858 hits
Sejarah Akan Terukir: Trump dan Kim Jong Un Gelar Pertemuan, Bahas Penghapusan Nuklir Korut?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Media di berbagai belahan dunia langsung ramai membahs rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Pasalnya, pertemuan ini akan mencetak sejarah baru.

Terlebih, selama ini hubungan keduanya dikenal dingin dan saling lontar hinaan terkait masalah keamanan dunia dan senjata nuklir. Namun kini, keduanya dikabarkan tengah menyusun agenda pertemuan yang akan digelar Mei mendatang.

Pengumuman ini disampaikan secara mendadak, melansir Detik, oleh Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui Yong di halaman Gedung Putih setelah bertemu Trump pada Kamis (8/3) waktu setempat.

Disinyalir, Chung menyampaikan hasil pertemuan pejabat senior Korea selatan dengan sejumlah elit Korut di awal pekan ini. Hal ini pun membuktikan jika Korut menyampaikan kepada Korsel untuk bisa mengadakan pertemuan dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

"Saya memberi tahu Presiden Trump bahwa dalam pertemuan kami, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menyatakan dirinya berkomitmen pada denuklirisasi. Kim bersumpah Korea Utara akan menahan diri dari setiap uji coba nuklir atau rudal di masa mendatang," ucap Chung. 

"Dia (Kim Jong-Un) memahami bahwa latihan militer gabungan rutin antara Republik Korea (Korsel) dan Amerika Serikat harus berlanjut dan dia menyampaikan keinginan besar untuk bertemu Presiden Trump sesegera mungkin," imbuhnya. 

Chung juga mengatakan jika Presiden Trump mengapresiasi penjelasan ini dan akan bertemu Kim Jong Un pada bulan Mei. Jika benar terjadi, hal ini akan yang jadi yang pertama bagi Presiden AS dan pemimpin Korut bertemu. Dalam pernyataan terpisah, pihak Gedung Putih pun mengonfirmasi kesediaan Trump menerima undangan tersebut.

"Dia (Trump-red) akan menerima undang untuk bertemu dengan Kim Jong-Un pada tempat dan waktu yang akan ditentukan. Kami menantikan denuklirisasi Korea Utara. Untuk sementara waktu, seluruh sanksi dan tekanan maksimum harus tetap diberlakukan," ucap Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)