SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah

Jumat, 09 Maret 2018 11:24 by reinasoebisono | 34170 hits
Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus mengerjakan proyek jalur lintas Selatan Jawa. Yang diam-diam kini dikerjakan adalah jalur ganda kereta api yang ternyata membelah gunung bak di film-film Hollywood.

Melansir Viva, proyek tersebut nantinya akan tersambung dari Cirebon, Jawa Barat hingga Kroya, Jawa Tengah. Tentu bukan proyek mudah karena harus membuat sejumlah infrastruktur pendukung. Mulai dari jalur baru, jembatan melintas sungai hingga yang paling sulit ini adalah terowongan tembus gunung tersebut.

Progres pembangunan terowongan terus dikerjakan salah satunya adalah terowongan Notog BH 1440 segmen Cirebon-Kroya yang saat ini telah mencapai 64,68 persen. Terowongan ini pun telah tembus sisi sebelahnya.

Terowongan Notog sendiri ada di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah dan memiliki panjang 473 meter yang menembus pegunungan. Terowongan baru ini berada tepat di samping terowongan eksisting yang telah ada sebelumnya.

Baca juga: Dari Kelas Ekonomi Sampai Luxury, Ini Lho Jenis-Jenis Kereta Api Indonesia

Proyek ini masuk dalam program Kementerian Perhubungan yang menggelontorkan anggaran setiap tahun sebesar Rp 2 triliun untuk proyek double track kereta api. Proyek jalur ganda ini pun diharapkan dapat selesai paling lambat 2019 mendatang.


Image source: Viva

"Investasinya dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) untuk digunakan oleh KAI (PT Kereta Api Indonesia). Tahun ini mungkin sekitar Rp2 triliunan, tahun depan sama, jadi ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Jawa Timur," kata Menhub Budi Karya.

Meski terlihat menelan anggaran dan investasi begitu besar, Budi Karya mengatakan manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat juga besar nantinya. Karena gerak perekonomian akan tumbuh lebih cepat dengan adanya akses ini.

(rei)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)