home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah

Jumat, 09 Maret 2018 11:24 by reinasoebisono | 34418 hits
Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus mengerjakan proyek jalur lintas Selatan Jawa. Yang diam-diam kini dikerjakan adalah jalur ganda kereta api yang ternyata membelah gunung bak di film-film Hollywood.

Melansir Viva, proyek tersebut nantinya akan tersambung dari Cirebon, Jawa Barat hingga Kroya, Jawa Tengah. Tentu bukan proyek mudah karena harus membuat sejumlah infrastruktur pendukung. Mulai dari jalur baru, jembatan melintas sungai hingga yang paling sulit ini adalah terowongan tembus gunung tersebut.

Progres pembangunan terowongan terus dikerjakan salah satunya adalah terowongan Notog BH 1440 segmen Cirebon-Kroya yang saat ini telah mencapai 64,68 persen. Terowongan ini pun telah tembus sisi sebelahnya.

Terowongan Notog sendiri ada di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah dan memiliki panjang 473 meter yang menembus pegunungan. Terowongan baru ini berada tepat di samping terowongan eksisting yang telah ada sebelumnya.

Baca juga: Update Kecelakaan Kereta Di India yang Tewaskan Hampir 300 Orang Dan Ubah Kawasan Bisnis Jadi Kamar Jenazah

Proyek ini masuk dalam program Kementerian Perhubungan yang menggelontorkan anggaran setiap tahun sebesar Rp 2 triliun untuk proyek double track kereta api. Proyek jalur ganda ini pun diharapkan dapat selesai paling lambat 2019 mendatang.


Image source: Viva

"Investasinya dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) untuk digunakan oleh KAI (PT Kereta Api Indonesia). Tahun ini mungkin sekitar Rp2 triliunan, tahun depan sama, jadi ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Jawa Timur," kata Menhub Budi Karya.

Meski terlihat menelan anggaran dan investasi begitu besar, Budi Karya mengatakan manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat juga besar nantinya. Karena gerak perekonomian akan tumbuh lebih cepat dengan adanya akses ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)