home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunung Paling Perkasa di Indonesia Sinabung Meletus, Begini Rekaman Kejadiannya

Senin, 19 Februari 2018 11:49 by reinasoebisono | 1721 hits
Gunung Paling Perkasa di Indonesia Sinabung Meletus, Begini Rekaman Kejadiannya
Image source: Sutopo PN, Jubir BNPB/Twitter

DREAMERS.ID - Gunung Sinabung terpantau kembali meletus pada pukul 08.56 WIB, Senin (19/2). Gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini menyemburkan awan panas dan berbagai materialnya diperkirakan mencapai 5.000 meter atau hingga 5 kilometer ke langit.

Melansir Kumparan, hingga kini masyarakat sekitar diminta untuk menjauhi pusat erupsi hingga radius 5 km. Dan belum ada laporan terjadinya korban akibat letusan Gunung Sinabung ini. Erupsinya sendiri diperkirakan akan terbawa angin ke arah Selatan dan Timur Tenggara.

Penggunaan masker dan meningkatkan kewaspadaan telah dihimbau pada masyarakat setempat akibat letusan gunung yang disebut paling perkasa di Indonesia itu. Bukan tanpa alasan mengenai gelar gunung yang tercatat meletus tahun 2010, 2013 dan terakhir 2016 lalu itu.


Image source: Sutopo PN, Jubir BNPB/Twitter

Baca juga: Kesaksian Warga Berastagi Saat Gunung Sinabung Erupsi Senin Pagi

Melansir Reservasi, efek dari letusan Gunung Sinabung ini cukup berbeda dari gunung lainnya di Indonesia. Dampak kerusakannya pun disebut lebih berat dibanding letusan Gunung Agung di Bali, Gunung Galunggung atau Gunung Bromo.

Sinabung dipercaya terbentuk akibat letusan Gunung Toba yang hampir membuat manusia punah karena terlampau dahsyat. Fenomena unik lain dari Gunung Sinabung adalah sumber letusannya yang bukan dari puncak, melainkan dari sisi-sisi samping gunungnya.

Gunung Sinabung termasuk dalam rangkaian Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Gunung perkasa ini juga tercatat sebagai gunung yang mengalami erupsi terlama yaitu sepanjang tahun 2013 dan berakhir di awal tahun 2014.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)