home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makna Nomor Urut Bagi Partai Politik untuk Pemilu 2019 Mendatang

Senin, 19 Februari 2018 10:15 by reinasoebisono | 1119 hits
Makna Nomor Urut Bagi Partai Politik untuk Pemilu 2019 Mendatang
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sebanyak 14 partai politik resmi mendapat nomor urut sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) melangsungkan pengundian nomor tersebut di kantor KPU. Jakarta, Minggu malam (18/2).

Dan tak butuh waktu lama untuk partai politik memaknai masing-masing nomor yang didapatnya meski didapat dengan cara pengundian. Seperti Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto, menilai nomor empat sangat sesuai dengan visi partai yaitu mendukung 4 pilar bangsa di Tanah Air.

Melansir Viva, Partai Golkar sangat mendukung perjuangan empat pilar tersebut yang diinisiasi oleh almarhum Taufik Kiemas sebagai mantan Ketua MPR RI. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara untuk Partai Nasdem, nomor urut yang didapatnya, lima, sangat baik dan sesuai dengan visi partainya selama ini. Nomor tersebut disebut Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate seperti Pancasila yang memiliki lima sila.

Baca juga: Keputusan Sidang: Dalil Kecurangan dari Prabowo-Sandi yang Dipatahkan Mahkamah Konstitusi

Lain pula untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mendapat nomor urut 3 adalah seperti mengenang masa-masa perjuangan melawan diktator politik Orde Baru. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengingatnya dengan slogan Metal ‘Menang Total’.

"Tiga itu adalah metal, banteng menang, menang total. Jadi itu tolong disebarkan karena pasti kalau namanya banteng pasti tahu yang namanya metal, karena dulu kita dengan nomor tiga selalu mengatakan metal, PDI Perjuangan menang. Menangnya itu huruf E nya diganti angka 3, M3nang gitu," ujarnya. 

Berikut adalah nomor urut lengkap partai politik peserta Pemilu 2019 mendatang:

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)