SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga

Sabtu, 10 Februari 2018 13:00 by reinasoebisono | 3297 hits
Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Terjadi fenomena meresahkan warga di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta karena muncul belasan lubang di tanah perkebunan dan pertanian. Sebanyak 17 lubang besar muncul lebih dari 10 meter.

Menurut laporan dari TransTV, terdengar suara gemuruh dari dalam lubang besar tersebut. Diperkirakan, tanah amblas ini terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat.

"Amblesan di desa kami saat terjadi hujan lebat kemarin sekitar tanggal 29 Januari 2017," ujar Kepala Desa Petir, Sarju.

Fenomena ini, menurut dia, terjadi dikarenakan geografis desanya yang merupakan daerah karst. Di daerah tersebut, area bawah tanah memiliki rongga. Tanah karst atau kapur memang memiliki struktur berongga seperti gua bawah tanah.

Untuk mengantisipasinya, warga dihimbau untuk menumpuk berbagai barang di lubang tersebut agar besarannya tidak meluas. Mulai dari tanah, sampah, jerami, pohon jagung, dan pohon pisang.

“Atas perintah bapak Kapolsek kami memasang garis polisi dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lubang," ucap Bhabimkamtibmas Desa Petir, Bripka Herlin Handoko Putro.

(rei)

  • HOT !
    Heboh kecelakaan robohnya girder pada tiang penyangga proyek pembangunan infrastruktur di Jakarta. Tepatnya di proyek Tol Becakayu, Jakarta Timur pada Selasa pagi, tujuh orang pekerja dilaporkan luka luka....
  • HOT !
    Sebuah museum di Lapangan Tahrir, Kairo, Mesir memamerkan sebuah artefak mumi yang menghebohkan dunia arkeolog dan media sosial. Pasalnya, mumi tersebut terlihat seperti tengah menjerit hingga dinamakan ‘screaming mummy’....
  • HOT !
    Foto e ticket atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau yang biasa dikenal dengan sebutan Habib Rizieq sempat menghebohkan public karena dianggap akan benar kembali ke Indonesia 21 Februari mendatang. Tanggal kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu pun viral di media social....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)