SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga

Sabtu, 10 Februari 2018 13:00 by reinasoebisono | 3496 hits
Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Terjadi fenomena meresahkan warga di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta karena muncul belasan lubang di tanah perkebunan dan pertanian. Sebanyak 17 lubang besar muncul lebih dari 10 meter.

Menurut laporan dari TransTV, terdengar suara gemuruh dari dalam lubang besar tersebut. Diperkirakan, tanah amblas ini terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat.

"Amblesan di desa kami saat terjadi hujan lebat kemarin sekitar tanggal 29 Januari 2017," ujar Kepala Desa Petir, Sarju.

Baca juga: Mengerikan, Detik-detik Tanah Jalan 50 Meter Amblas Tiba-tiba di Cina

Fenomena ini, menurut dia, terjadi dikarenakan geografis desanya yang merupakan daerah karst. Di daerah tersebut, area bawah tanah memiliki rongga. Tanah karst atau kapur memang memiliki struktur berongga seperti gua bawah tanah.

Untuk mengantisipasinya, warga dihimbau untuk menumpuk berbagai barang di lubang tersebut agar besarannya tidak meluas. Mulai dari tanah, sampah, jerami, pohon jagung, dan pohon pisang.

“Atas perintah bapak Kapolsek kami memasang garis polisi dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lubang," ucap Bhabimkamtibmas Desa Petir, Bripka Herlin Handoko Putro.

(rei)

  • HOT !
    Menjelang seremoni pembukaan Asian Games 2018 membuat sejumlah pintu tol di Jakarta mengalami sistem buka tutup. Pintu tol akan diberlakukan buka tutup saat para atlet melintas dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK) Senayan....
  • HOT !
    Seorang anak berumur 3 tahun dinyatakan meninggal setelah tertinggal di dalam sebuah kendaraan van di Thailand. Polisi pun langsung menangkap supir jemputan sekolah tersebut....
  • HOT !
    Golongan pungut atau yang sering disebut Golput  adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden)....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)