SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga

Sabtu, 10 Februari 2018 13:00 by reinasoebisono | 3449 hits
Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Terjadi fenomena meresahkan warga di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta karena muncul belasan lubang di tanah perkebunan dan pertanian. Sebanyak 17 lubang besar muncul lebih dari 10 meter.

Menurut laporan dari TransTV, terdengar suara gemuruh dari dalam lubang besar tersebut. Diperkirakan, tanah amblas ini terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat.

"Amblesan di desa kami saat terjadi hujan lebat kemarin sekitar tanggal 29 Januari 2017," ujar Kepala Desa Petir, Sarju.

Fenomena ini, menurut dia, terjadi dikarenakan geografis desanya yang merupakan daerah karst. Di daerah tersebut, area bawah tanah memiliki rongga. Tanah karst atau kapur memang memiliki struktur berongga seperti gua bawah tanah.

Untuk mengantisipasinya, warga dihimbau untuk menumpuk berbagai barang di lubang tersebut agar besarannya tidak meluas. Mulai dari tanah, sampah, jerami, pohon jagung, dan pohon pisang.

“Atas perintah bapak Kapolsek kami memasang garis polisi dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lubang," ucap Bhabimkamtibmas Desa Petir, Bripka Herlin Handoko Putro.

(rei)

  • HOT !
    Berita soal tradisi mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah makin diburu untuk persiapan tahunan pertengahan Juni mendatang. Informasi akses, transportasi dan kebutuhan personal lain juga jadi favorit pembaca Dreamers.id selama sepekan terakhir....
  • HOT !
    Pelaku bom tiga gereja di Surabaya tersisa tiga jasad yang belum dimakamkan. Namun akhirnya ketiganya dijemput oleh keluarga dan dimakamkan setelah sekian lama tertahan di RS Bhayangkara....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)