SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga

Sabtu, 10 Februari 2018 13:00 by reinasoebisono | 3513 hits
Misteri Munculnya Belasan Lubang Tanah Amblas Gunung Kidul Resahkan Warga
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Terjadi fenomena meresahkan warga di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta karena muncul belasan lubang di tanah perkebunan dan pertanian. Sebanyak 17 lubang besar muncul lebih dari 10 meter.

Menurut laporan dari TransTV, terdengar suara gemuruh dari dalam lubang besar tersebut. Diperkirakan, tanah amblas ini terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat.

"Amblesan di desa kami saat terjadi hujan lebat kemarin sekitar tanggal 29 Januari 2017," ujar Kepala Desa Petir, Sarju.

Baca juga: Mengerikan, Detik-detik Tanah Jalan 50 Meter Amblas Tiba-tiba di Cina

Fenomena ini, menurut dia, terjadi dikarenakan geografis desanya yang merupakan daerah karst. Di daerah tersebut, area bawah tanah memiliki rongga. Tanah karst atau kapur memang memiliki struktur berongga seperti gua bawah tanah.

Untuk mengantisipasinya, warga dihimbau untuk menumpuk berbagai barang di lubang tersebut agar besarannya tidak meluas. Mulai dari tanah, sampah, jerami, pohon jagung, dan pohon pisang.

“Atas perintah bapak Kapolsek kami memasang garis polisi dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lubang," ucap Bhabimkamtibmas Desa Petir, Bripka Herlin Handoko Putro.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)