SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih

Rabu, 13 Maret 2013 09:00 by miko | 1596 hits
Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih
tribunnews

Pemilihan pemimpin umat katolik saat ini tengah berlangsung di Vatikan. Asap hitam yang tebal muncul dari cerobong kapel Sistina, tepat setelah konklaf pertama berlangsung. Asap hitam ini mengindikasikan bahwa belum ada seorang kardinal yang terpilih sebagai Paus baru.

Dilansir dari Reuters, sekitar ribuan jemaat memadati Basilika Santo Petrus untuk menyaksikan kepulan asap yang muncul. Pada era modern saat ini, memang belum ada satu pun Paus yang terpilih melalui konklaf putaran pertama.

Ratusan kardinal di Vatikan berspekulasi, penunjukan paus baru itu akan memakan waktu hingga empat atau lima hari. Usai bergabung dalam konklaf pertama, 115 Pangeran Gereja itupun kembali ke hotel untuk beristirahat. Mereka akan kembali lagi ke Kapel Sistina pada hari ini pukul 09.30 waktu setempat.

Pada saat pemilihan, cardinal-kardinal ini mengaingkan dirinya dari dunia, salah satu sarana komunikasi yang digunakan hanyalah cerobong asap di kapel tersebut. Bila yang keluar asap hita, berarti Paus baru belum terpilih. Namun jika asap putih yang keluar maka sudah ditunjuk seorang Paus baru.

Usai asap itu muncul, warga di Vatikan langsung bersorak gembira. Meski demikian kegembiraan itu berubah menjadi kekecewaan, usai mereka menyadari bahwa yang muncul adalah asap hitam.

“Saya sedang berlibur dan saya tidak percaya bahwa saya ada di momen ini,” ungkap seorang pensiunan guru dari New York.

Sejauh ini, pengamat-pengamat di Vatikan menilai bahwa belum ada kardinal yang dipandang sebagai kandidat kuat paus ke-266. Pada awalnya muncul nama Kardinal Angelo Scola dari Italia dan Kardinal Odilo Scherer dari Brasil. Bersamaan dengan itu, muncul pula kardinal-kardinal lain yang dipandang sebagai kandidat alternatif.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)