SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih

Rabu, 13 Maret 2013 09:00 by miko | 1643 hits
Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih
tribunnews

Pemilihan pemimpin umat katolik saat ini tengah berlangsung di Vatikan. Asap hitam yang tebal muncul dari cerobong kapel Sistina, tepat setelah konklaf pertama berlangsung. Asap hitam ini mengindikasikan bahwa belum ada seorang kardinal yang terpilih sebagai Paus baru.

Dilansir dari Reuters, sekitar ribuan jemaat memadati Basilika Santo Petrus untuk menyaksikan kepulan asap yang muncul. Pada era modern saat ini, memang belum ada satu pun Paus yang terpilih melalui konklaf putaran pertama.

Ratusan kardinal di Vatikan berspekulasi, penunjukan paus baru itu akan memakan waktu hingga empat atau lima hari. Usai bergabung dalam konklaf pertama, 115 Pangeran Gereja itupun kembali ke hotel untuk beristirahat. Mereka akan kembali lagi ke Kapel Sistina pada hari ini pukul 09.30 waktu setempat.

Pada saat pemilihan, cardinal-kardinal ini mengaingkan dirinya dari dunia, salah satu sarana komunikasi yang digunakan hanyalah cerobong asap di kapel tersebut. Bila yang keluar asap hita, berarti Paus baru belum terpilih. Namun jika asap putih yang keluar maka sudah ditunjuk seorang Paus baru.

Usai asap itu muncul, warga di Vatikan langsung bersorak gembira. Meski demikian kegembiraan itu berubah menjadi kekecewaan, usai mereka menyadari bahwa yang muncul adalah asap hitam.

“Saya sedang berlibur dan saya tidak percaya bahwa saya ada di momen ini,” ungkap seorang pensiunan guru dari New York.

Sejauh ini, pengamat-pengamat di Vatikan menilai bahwa belum ada kardinal yang dipandang sebagai kandidat kuat paus ke-266. Pada awalnya muncul nama Kardinal Angelo Scola dari Italia dan Kardinal Odilo Scherer dari Brasil. Bersamaan dengan itu, muncul pula kardinal-kardinal lain yang dipandang sebagai kandidat alternatif.

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)