SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih

Rabu, 13 Maret 2013 09:00 by miko | 1553 hits
Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih
tribunnews

Pemilihan pemimpin umat katolik saat ini tengah berlangsung di Vatikan. Asap hitam yang tebal muncul dari cerobong kapel Sistina, tepat setelah konklaf pertama berlangsung. Asap hitam ini mengindikasikan bahwa belum ada seorang kardinal yang terpilih sebagai Paus baru.

Dilansir dari Reuters, sekitar ribuan jemaat memadati Basilika Santo Petrus untuk menyaksikan kepulan asap yang muncul. Pada era modern saat ini, memang belum ada satu pun Paus yang terpilih melalui konklaf putaran pertama.

Ratusan kardinal di Vatikan berspekulasi, penunjukan paus baru itu akan memakan waktu hingga empat atau lima hari. Usai bergabung dalam konklaf pertama, 115 Pangeran Gereja itupun kembali ke hotel untuk beristirahat. Mereka akan kembali lagi ke Kapel Sistina pada hari ini pukul 09.30 waktu setempat.

Pada saat pemilihan, cardinal-kardinal ini mengaingkan dirinya dari dunia, salah satu sarana komunikasi yang digunakan hanyalah cerobong asap di kapel tersebut. Bila yang keluar asap hita, berarti Paus baru belum terpilih. Namun jika asap putih yang keluar maka sudah ditunjuk seorang Paus baru.

Usai asap itu muncul, warga di Vatikan langsung bersorak gembira. Meski demikian kegembiraan itu berubah menjadi kekecewaan, usai mereka menyadari bahwa yang muncul adalah asap hitam.

“Saya sedang berlibur dan saya tidak percaya bahwa saya ada di momen ini,” ungkap seorang pensiunan guru dari New York.

Sejauh ini, pengamat-pengamat di Vatikan menilai bahwa belum ada kardinal yang dipandang sebagai kandidat kuat paus ke-266. Pada awalnya muncul nama Kardinal Angelo Scola dari Italia dan Kardinal Odilo Scherer dari Brasil. Bersamaan dengan itu, muncul pula kardinal-kardinal lain yang dipandang sebagai kandidat alternatif.

Komentar
  • HOT !
      Donald Trump akhirnya resmi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke 45 pada Jumat (20/1) lalu menggantikan Barack Obama. Kedatangan Donald Trump dan sang istri Melania di White House langsung disambut oleh keluarga Obama. Namun ada hal yang menarik saat penyambutan tersebut, ekspresi mantan First Lady, Michelle Obama menjadi sorotan hangat karena terlihat tidak bersemangat....
  • HOT !
    Disadari atau tidak, sejak beberapa bulan yang lalu hingga akhir Januari ini, pembahasan politik tengah menjadi sajian hangat yang kerap diberitakan. Mulai dari terpilihnya presiden baru Amerika Serikat, Donald Trump hingga Pilkada salah satu kota di Indonesia, DKI Jakarta yang sebentar lagi juga akan digelar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)