home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih

Rabu, 13 Maret 2013 09:00 by miko | 1740 hits
Asap Hitam Muncul, Paus Baru Belum Terpilih
tribunnews

Pemilihan pemimpin umat katolik saat ini tengah berlangsung di Vatikan. Asap hitam yang tebal muncul dari cerobong kapel Sistina, tepat setelah konklaf pertama berlangsung. Asap hitam ini mengindikasikan bahwa belum ada seorang kardinal yang terpilih sebagai Paus baru.

Dilansir dari Reuters, sekitar ribuan jemaat memadati Basilika Santo Petrus untuk menyaksikan kepulan asap yang muncul. Pada era modern saat ini, memang belum ada satu pun Paus yang terpilih melalui konklaf putaran pertama.

Ratusan kardinal di Vatikan berspekulasi, penunjukan paus baru itu akan memakan waktu hingga empat atau lima hari. Usai bergabung dalam konklaf pertama, 115 Pangeran Gereja itupun kembali ke hotel untuk beristirahat. Mereka akan kembali lagi ke Kapel Sistina pada hari ini pukul 09.30 waktu setempat.

Pada saat pemilihan, cardinal-kardinal ini mengaingkan dirinya dari dunia, salah satu sarana komunikasi yang digunakan hanyalah cerobong asap di kapel tersebut. Bila yang keluar asap hita, berarti Paus baru belum terpilih. Namun jika asap putih yang keluar maka sudah ditunjuk seorang Paus baru.

Usai asap itu muncul, warga di Vatikan langsung bersorak gembira. Meski demikian kegembiraan itu berubah menjadi kekecewaan, usai mereka menyadari bahwa yang muncul adalah asap hitam.

“Saya sedang berlibur dan saya tidak percaya bahwa saya ada di momen ini,” ungkap seorang pensiunan guru dari New York.

Sejauh ini, pengamat-pengamat di Vatikan menilai bahwa belum ada kardinal yang dipandang sebagai kandidat kuat paus ke-266. Pada awalnya muncul nama Kardinal Angelo Scola dari Italia dan Kardinal Odilo Scherer dari Brasil. Bersamaan dengan itu, muncul pula kardinal-kardinal lain yang dipandang sebagai kandidat alternatif.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)