SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Adik Kim Jong Un akan Hadir di Olimpiade PyeongChang Bawa Misi Tersembunyi ke Korea Selatan?

Kamis, 08 Februari 2018 11:02 by reinasoebisono | 1889 hits
Adik Kim Jong Un akan Hadir di Olimpiade PyeongChang Bawa Misi Tersembunyi ke Korea Selatan?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Makin mendekati gelaran olahraga musim dingin di Olimpiade PyeongChang 2018, pihak Korea Selatan mengumumkan jika Korea Utara berencana mengirim saudara perempuan pemimpin tertinggi Kim Jong Un sebagai bagian dari delegasi Korut.

Melansir Liputan6, Pyeongyang telah memberi tahu Seoul jika Kim Yo Jong yang disebut makin menonjol dalam pemerintahan juga orang kepercayaan Kim Jong Un itu akan menemani Kim Yong Nam, Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung.

Delegasi itu juga memasukkan Choe Hwi selaku Ketua Komite Bimbingan Olahraga Nasional serta Ri Son Gwon, Ketua Agensi Korea Utara yang menangani urusan antar Korea. Beberapa ahli pun menanggapi kedatangannya yang dinilai akan menimbulkan kontroversi.


Kim Yo Jong (Istimewa)

"Kedatangannya akan memicu hiruk-pikuk media, mencuri perhatian yang seharusnya terarah pada Wakil Presiden Pence yang ingin menyoroti pelanggaran hak asasi manusia di Korut dan sanksi HAM terhadap nuklir Korea Utara," kata Profesor Koh Yu-Hwan, dari Universitas Dongguk.

Baca juga: Terungkap! Ini Dia Sosok Programmer Korea Utara Dalang Virus WannaCry yang Sempat Viral

"Yang bermasalah adalah dia datang bersama Choe Hwi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Korea Utara kemungkinan akan menggunakan Olimpiade ini sebagai alat propaganda, bukannya membuka peluang dialog yang berarti dengan Korea Selatan," ucap Profesor Shin Beom-chul, dari Akademi Diplomatik Nasional Korea.

Terlepas dari kontroversi misi tersembunyi yaitu propaganda, kehadiran Kim Yo Jong disebut memiliki sisi positif karena akan membawa pesan langsung dari kakaknya, Kim Jong Un. Meski hal ini belum dapat dikonfirmasi, begitu juga dengan agenda kehadirannya.

Kim Yo Jong sendiri dipromosikan sebagai Wakil Direktur Pertama Komite Sentral Partai Pekerja Korea Utara tahun lalu. Ia makin diyakini sebagai salah satu orang kepercayaan Kim Jong Un dan memiliki peran lebih penting dari yang diperkirakan. Mereka lahir dari ibu yang sama, Ko Yong Hui.

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)