SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Beri 20 Miliar untuk Gunung Indonesia! Untuk Apa Saja?

Senin, 22 Januari 2018 11:50 by reinasoebisono | 1538 hits
Korea Selatan Beri 20 Miliar untuk Gunung Indonesia! Untuk Apa Saja?
Image source: Trip Advisor

DREAMERS.ID - Tak banyak negara yang memberikan dana hibah dengan jumlah fantastis untuk negara lain. Namun Negeri Gingseng Korea Selatan memiliki pemikiran lain dengan memberi dana puluhan miliar untuk kelestarian alam Indonesia.

Terbukti dari Kementerian Kehutanan Korea Selatan yang memberi hibah sebesar Rp 20 miliar untuk pengembangan ekowisata Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tak banyak diperbincangkan, karena ternyata dana hibah tersebut diberikan secara bertahap sejak 2015 hingga 2017. Menurut Kepala Humas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Ivan Juhandara, dana itu untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang ekowisata.

"Sarana dan prasarana yang sudah dibangun berupa pusat informasi pengunjung, gedung serba guna, rumah penginapan sebanyak 10 kamar, tempat parkir dan pusat ekologi kupu-kupu," kata dia, dilansir Antara, via Liputan6.

Baca juga: Sejumlah Tempat Wisata di Seoul Kembali Tutup karena Gelombang Kedua Corona

"Meskipun nantinya sudah dihibahkan, Pemerintah Korsel akan tetap memberikan perhatian dalam hal pemeliharaan selama satu tahun (2018)," ujarnya. "Jadi amanah dari Korsel memberikan hibah sebenarnya untuk pemberdayaan masyarakat Desa Mertak,"

Bahkan, selama proses pembangunan sarana dan prasarana, Pemerintah Korsel membiayai 20 orang warga Desa Mertak, untuk studi banding ke negaranya untuk belajar tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk pariwisata.

Di dalam hutan Gunung Tunak, terdapat gundukan sarang burung langka seperti Burung Gosong (Megapodius reinwartdtii) dan elang. Ada pula rusa timor dan fauna laut seperti penyu yang termonitor bertelur di sepanjang pesisir Gunung Tunak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)