SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Korea Mulai 'Melunak' dan Buka Komunikasi Tingkat Tinggi Jadi Tanda Perdamaian?

Jumat, 05 Januari 2018 13:35 by reinasoebisono | 3200 hits
Dua Korea Mulai 'Melunak' dan Buka Komunikasi Tingkat Tinggi Jadi Tanda Perdamaian?
Image source: CBS News

DREAMERS.ID - Satu breaking news dilontarkan berbagai media Negeri Gingseng alias Korea Selatan hari ini. Karena dilaporkan, kedua Korea setuju untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pada minggu depan dengan agenda utama partisipasi Korea Utara dalam ajang Olimpiade Musim Dingin PyeongChang.

Korea Utara memberitahu Korea Selatan jika pihaknya menerima penawaran untuk berkomunikasi pada Selasa depan di desa Panmunjom. Hal ini menandakan pertama kali adanya pembicaraan inter-Korea sejak Desember 2015 lalu.

Pertemuan kedua Korea ini memang sempat disinggung pemimpin Korut, Kim Jong Un pada pidato tahun barunya kemarin. Ia berkeinginan mengirim delegasi ke Selatan untuk menjalani pendekatan kembali.

Terlebih, Korea Selatan dan Amerika Serikat diketahui menunda latihan militer bersama yang diduga membuat Korea Utara melunak dan memuluskan rencana pertemuan dua Korea ini untuk jalan damai ke depannya.

Baca juga: Melihat Hangatnya Pertemuan BTS dengan Ibu Negara Korsel di Sidang PBB #UNGA

Karena melansir Korea Herald, Korut bersikeras jika latihan militer tersebut adalah ‘gladi resik’ perang yang dilakukan Korsel dan Amerika untuk melawan Korut.

“Dengan nada Kim (Jong Un) dalam pesannya, tidak heran Korea Utara menerima tawaran Korea Selatan apa adanya,” kata Kim Yong Hyun, profesor Universitas Dongguk. “Keputusan sekutu untuk menunda latihan militer sepertinya mempengaruhi (keputusan Korut),”

Hal ini jadi angin segar untuk kedamaian di Semenanjung Korea, mengingat sebelumnya Korut masih memiliki hubungan panas dengan Amerika. Diketahui, Kim Jong Un dan Donald Trump saling berbalas ancaman soal kesiapan perintah dan menekan tombol nuklirnya masing-masing.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)