home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Korea Mulai 'Melunak' dan Buka Komunikasi Tingkat Tinggi Jadi Tanda Perdamaian?

Jumat, 05 Januari 2018 13:35 by reinasoebisono | 3270 hits
Dua Korea Mulai 'Melunak' dan Buka Komunikasi Tingkat Tinggi Jadi Tanda Perdamaian?
Image source: CBS News

DREAMERS.ID - Satu breaking news dilontarkan berbagai media Negeri Gingseng alias Korea Selatan hari ini. Karena dilaporkan, kedua Korea setuju untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pada minggu depan dengan agenda utama partisipasi Korea Utara dalam ajang Olimpiade Musim Dingin PyeongChang.

Korea Utara memberitahu Korea Selatan jika pihaknya menerima penawaran untuk berkomunikasi pada Selasa depan di desa Panmunjom. Hal ini menandakan pertama kali adanya pembicaraan inter-Korea sejak Desember 2015 lalu.

Pertemuan kedua Korea ini memang sempat disinggung pemimpin Korut, Kim Jong Un pada pidato tahun barunya kemarin. Ia berkeinginan mengirim delegasi ke Selatan untuk menjalani pendekatan kembali.

Terlebih, Korea Selatan dan Amerika Serikat diketahui menunda latihan militer bersama yang diduga membuat Korea Utara melunak dan memuluskan rencana pertemuan dua Korea ini untuk jalan damai ke depannya.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Karena melansir Korea Herald, Korut bersikeras jika latihan militer tersebut adalah ‘gladi resik’ perang yang dilakukan Korsel dan Amerika untuk melawan Korut.

“Dengan nada Kim (Jong Un) dalam pesannya, tidak heran Korea Utara menerima tawaran Korea Selatan apa adanya,” kata Kim Yong Hyun, profesor Universitas Dongguk. “Keputusan sekutu untuk menunda latihan militer sepertinya mempengaruhi (keputusan Korut),”

Hal ini jadi angin segar untuk kedamaian di Semenanjung Korea, mengingat sebelumnya Korut masih memiliki hubungan panas dengan Amerika. Diketahui, Kim Jong Un dan Donald Trump saling berbalas ancaman soal kesiapan perintah dan menekan tombol nuklirnya masing-masing.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)