SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Jakarta Resmi Ubah Nama PKL Jadi PKM, Apa Alasannya?

Sabtu, 30 Desember 2017 11:45 by Dits | 2082 hits
Pemprov DKI Jakarta Resmi Ubah Nama PKL Jadi PKM, Apa Alasannya?
image source: merdeka

DREAMERS.ID -Pada Jumat (29/12), Pemrov DKI Jakarta resmi mengubah istilah Pedagang Kaki Lima (PKL) menjadi PKM alias Pengusaha Kecill Mandiri. Perubahan nama tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

"Mulai hari ini (Jumat), kami khususnya untuk di Tanah Abang dan di tempat lain mulai menggunakan terminologi baru. Bukan PKL, tapi PKM, yaitu pengusaha kecil mandiri," ujar Sandiaga saat menggelar jumpa pers di Jakarta Smart City, Balai Kota, melansir detik, Jumat (29/12).

Nama PKL menurut Sandi tak pantas digunakan karena mereka merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dan juga pantauan dari Jakarta Smart City, PKM merupakan penyumbang produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

Baca juga: Anies Baswedan Ungkap Syarat Beli Rumah DP 0 Rupiah

"PKM ini seperti kita ketahui adalah tulang punggung perekonomian kita. Sekitar 67 persen dari GDP kita disumbang oleh PKM dan 97 persen lapangan pekerjaan disumbang oleh PKM," jelas Sandiaga.

Sandi menyebut kalau dari data perbankan, PKM adalah kreditur paling patuh, terlebih terhadap cicilan pinjaman. Sehingga pelaku ekonomi ini harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemrov DKI.

"Berdasarkan data-data perbankan, PKM itu tingkat kepatuhannya di atas 90 persen, tidak pernah ngemplang kredit, dan pajaknya, tingkat kepatuhannya juga tinggi. Jadi (PKM) ini adalah sektor yang ingin kami jaga sesuai dengan tadi tiga utama. Satu mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan tidak semakin melebar,” pungkasnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Sudah setahun Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dengan segala kritikan dan hal kontroversi yang ditujukan kepadanya, kini disebut jika pesta perayaan setahun pemerintahannya dikenai harga fantastis....
  • HOT !
    Warga Makassar, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan kontes ratu kecantikan yang akan digelar pada Senin, 22 Januari 2018 mendatang. Pasalnya dalam iklan yang tersebar viral di media sosial mengungkapkan kalau kontes tersebut bukan untuk wanita melainkan ditujukan untuk para waria....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan rekannya yang bernama Andreas Tjahyadi dilaporkan ke polisi oleh seseorang bernama Fransiska Kumalawati Susilo. Kasusnya bermula ketika Sandiaga dan Andreas dituduh menipu ketika menjual satu hamparan lahan seluas hampir 1 hektare seharga Rp 12 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)