home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bolehkan PKL Berualan di Jalan Raya, Sandi: Jalan di Tanah Abang Tidak Ditutup Tapi Direkayasa

Sabtu, 23 Desember 2017 14:15 by bellaevania | 2024 hits
Bolehkan PKL Berualan di Jalan Raya, Sandi: Jalan di Tanah Abang Tidak Ditutup Tapi Direkayasa
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Para pedagang kaki lima atau PKL yang biasa berjualan di atas trotoar Stasiun Tanah Abang diperbolehkan berjualan di atas Jalan Jatibaru Raya yang letaknya tepat berada di dekat Stasiun Tanah Abang.

Dalam konsep penataan Pasar Tanah Abang jangka pendek ini, dua jalur yang ada di depan Stasiun Tanah Abang ditutup sejak pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Satu jalur digunakan untuk PKL dan satu jalur lainnya digunakan untuk jalur transjakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pun berdalih bahwa jalan Jatibaru tidak ditutup melainkan direkayasa lalu lintas. "Perlu diklarifikasi bahwa jalannya tidak ditutup, tapi direkayasa lalu lintas dan setelah jam 18.00 bisa dilalui lagi," ujar Sandiaga, seperti dikutip dari laman Kompas.

Baca juga: Sempat Dianggap Mengganggu, Sandiaga Akan Hadirkan PKL Jadi Daya Tarik Asian Games 2018?

"Ini adalah bentuk daripada memuliakan pejalan kaki, bentuk juga memastikan sarana transportasi terintegrasi karena ada transjakarta yang masuk, jadi tidak ditutup. Bukti tidak ditutup itu adalah transjakarta yang masuk. Terakhir adalah PKL tidak kehilangan lapangan pekerjaannya. Kasihan orang-orang kecil," lanjut dia.

Sementara itu, menurut Peneliti Laboratorium Transportasi Unika Soegijapranata, Semarang, Djoko Setijowarno, apa yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta periode 2017-2022 ini justru bertentangan dengan Pasal 12 Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

"Jalan itu kan dibangun untuk lalu lintas orang dan barang menggunakan kendaraan. Kalau mau jualan ya jangan di jalan, nanti itu dianggap pengalihan fungsi, itu bisa melanggar undang-undang jalan," kata Djoko saat dihubungi Kompas.com.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat dengan yang terkonfirmasi mencapai 81.668 dengan penambahan hari ini sebanyak 1.574 kasus positif....
  • HOT !
    Tim Gugus Tugas menyatakan bahwa kasus kekerasan berbasis gender semakin meningkat ditengah pandemi virus corona. Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan korban kekerasan tidak seharusnya dibiarkan menghadapi kasus kekerasan seorang diri....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)