SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Salah Sebut Urutan Sila di Upacara, Gubernur Ini Justru Minta Pancasila Dirombak

Selasa, 14 November 2017 18:00 by reinasoebisono | 1062 hits
Salah Sebut Urutan Sila di Upacara, Gubernur Ini Justru Minta Pancasila Dirombak
Image source: Sulbarprov.go.id

DREAMERS.ID - Pancasila adalah dasar negara sejak tahun 1945 dan dianggap mutlak sebagai ideologi bangsa. Sayangnya, masih banyak yang tidak paham atau bahkan hafal 5 dasar negara tersebut. Salah satu yang terjadi baru-baru ini adalah yang dilakukan seorang Gubernur Sulawesi Barat.

Melansir Kompas, Gubernur Ali Baal Masdar salah mengucapkan teks Pancasila ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November Baru di Sulawesi Barat. Kesalahan ini pun diakui oleh Masdar dan berdalih akan kesalahannya itu.

Dalam sebuah video yang jadi viral, Gubernur Masdar mengucapkan sila pertama ‘Ketuhanan yang Maha Esa’, lalu dilanjut ke sila kelima ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.’ Menurutnya, dirinya memiliki obsesi mendekatkan sila pertama dan kelima.

“Saya salah ucap, sila kedua di bawah sila kelima, kenapa? Karena saya selalu berpikir radikalisme, terorisme, komunisme, aksi demo dan persoalan lainnya karena masih terlalu jauh antara sila pertama dengan sila kelima Pancasila,” kata Masdar di depan ratusan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Selasa (14/11).

Baca juga: Fakta Dibalik Penghentian Kasus Habib Rizieq yang Bisa Jadi 'Tidak Total'

Bahkan, Gubernur Masdar justru bertanya kepada para aktivis PMII apakah tidak bisa sila pertama dan kelima yang salah diucapkannya itu didekatkan agar kesenjangannya tidak jauh. Alasannya, ia ingin semua komponen bangsa merekatkan diri dalam kebersamaan agar tidak ada kesenjangan sosial.

“Bisakah sila pertama pancasila didekatkan dengan sila kelima Pancasila? Itu masalahnya,” jelas Masdar di depan peserta dialog kebangsaan PMII.

Ia juga mengajak kepada semua elemen masyarakat Sulbar agar tetap bersatu padu menjaga keamanan dan perdamaian, agar ancaman perpecahan atau disintegrasi bangsa yang terjadi di tempat lain tidak sampai merembet ke Sulawesi Barat.

(rei)

  • HOT !
    Konvoi kemenangan tim Persija akan dilaksanakan pada Sabtu (15/12) besok pagi di mana ratusan ribu pendukung dipastikan akan memenuhi beberapa jalanan di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menghimbau warga untuk menghindari beberapa ruas jalan....
  • HOT !
    Kasus jual beli narkoba kembali diungkap oleh pihak kepolisian. Tapi kali ini transaksi narkoba itu disebutkan menjadi transaksi terbesar se Provinsi Banten. Polisi pun menangkap tangan dua orang pelaku....
  • HOT !
    Polsek Ciracas dilaporkan mendapat penyerangan oleh oknum massa tak dikenal. Para pelaku diketahui melakukan pengrusakan dan pembakaran hingga beberapa mobil kepolisian. Pihak berwajib pun memiliki dugaan motif penyerangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)