SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Salah Sebut Urutan Sila di Upacara, Gubernur Ini Justru Minta Pancasila Dirombak

Selasa, 14 November 2017 18:00 by reinasoebisono | 895 hits
Salah Sebut Urutan Sila di Upacara, Gubernur Ini Justru Minta Pancasila Dirombak
Image source: Sulbarprov.go.id

DREAMERS.ID - Pancasila adalah dasar negara sejak tahun 1945 dan dianggap mutlak sebagai ideologi bangsa. Sayangnya, masih banyak yang tidak paham atau bahkan hafal 5 dasar negara tersebut. Salah satu yang terjadi baru-baru ini adalah yang dilakukan seorang Gubernur Sulawesi Barat.

Melansir Kompas, Gubernur Ali Baal Masdar salah mengucapkan teks Pancasila ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November Baru di Sulawesi Barat. Kesalahan ini pun diakui oleh Masdar dan berdalih akan kesalahannya itu.

Dalam sebuah video yang jadi viral, Gubernur Masdar mengucapkan sila pertama ‘Ketuhanan yang Maha Esa’, lalu dilanjut ke sila kelima ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.’ Menurutnya, dirinya memiliki obsesi mendekatkan sila pertama dan kelima.

“Saya salah ucap, sila kedua di bawah sila kelima, kenapa? Karena saya selalu berpikir radikalisme, terorisme, komunisme, aksi demo dan persoalan lainnya karena masih terlalu jauh antara sila pertama dengan sila kelima Pancasila,” kata Masdar di depan ratusan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Selasa (14/11).

Bahkan, Gubernur Masdar justru bertanya kepada para aktivis PMII apakah tidak bisa sila pertama dan kelima yang salah diucapkannya itu didekatkan agar kesenjangannya tidak jauh. Alasannya, ia ingin semua komponen bangsa merekatkan diri dalam kebersamaan agar tidak ada kesenjangan sosial.

“Bisakah sila pertama pancasila didekatkan dengan sila kelima Pancasila? Itu masalahnya,” jelas Masdar di depan peserta dialog kebangsaan PMII.

Ia juga mengajak kepada semua elemen masyarakat Sulbar agar tetap bersatu padu menjaga keamanan dan perdamaian, agar ancaman perpecahan atau disintegrasi bangsa yang terjadi di tempat lain tidak sampai merembet ke Sulawesi Barat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Setya Novanto yang kini telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus megakorupsi e KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menulis surat untuk pimpinan DPR. Surat yang ditulis dari dalam tahanan tersebut ditandatangani oleh Novanto pada Selasa (21/11)....
  • HOT !
    Presiden Indonesia memiliki enam istana yang tersebar di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari Jakarta, Cipanas, Bogor, DI Yogyakarta hingga Bali. Selama ini Presiden Jokowi lebih banyak bekerja di Kompleks Istana Jakarta....
  • HOT !
    Nama maskapai nasional, Garuda Indonesia jadi pembicaraan di media sosial lantaran beredar luas video yang memperlihatkan pilotnya berbicara rasis di dalam pesawat. Terlihat pria paruh baya tersebut memang pilot karena memakai 4 strip putih di pundaknya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)