home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati #WorldVeganDay, Sudah Tahu Bedanya dengan Vegetarian?

Rabu, 01 November 2017 19:34 by fzhchyn | 1518 hits
Peringati #WorldVeganDay, Sudah Tahu Bedanya dengan Vegetarian?
Image source: happycow.net

DREAMERS.ID - Para pelaku diet vegan di seluruh dunia tengah merayakan Hari Vegan Sedunia atau World Vegan Day setiap tanggal 1 November. Media sosial Twitter juga tengah diramaikan dengan berbagai kicauan positif tentang manfaat dari diet vegan hingga hashtag #WorldVeganDay berada di jajaran trending topic worldwide.

Mereka yang memutuskan untuk menjadi seorang vegan biasanya memiliki motif yang sangat kuat untuk tidak megkonsumsi segala bentuk produk yang berasal dari hewan. Meski kerap dianggap sama dengan vegetarian, namun nyatanya kedua jenis diet ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan terbilang unik. Tujuannya memang sama yaitu untuk menjaga kesehatan, tapi pelaku vegan memiliki alasan lain yang lebih kuat seperti faktor lingkungan dan etika.

Pelaku diet vegetarian hanya tidak mengkonsumsi daging. Tapi mereka masih mengkonsumsi produk yang berasal dari hewan seperti telur, susu, keju, madu, dan lainnya. Sedangkan pelaku vegan benar-benar ketat. Mereka cenderung lebih pro aktif dalam memboikot segala produk yang dihasilkan dari hewan. Tak hanya makanan dan minuman, mereka juga anti produk makeup yang menggunakan hewan sebagai bahan percobaan dalam pembuatannya, dan juga menghindari penggunaan pakaian yang berasal dari kulit hewan.

Sementara itu, vegetarian sendiri masih dibedakan menjadi beberapa tipe berdasarkan asupan makanannya, yaitu:

1. Pescatarian, yaitu jenis diet yang tidak mengonsumsi segala jenis makanan yang terbuat dari daging dan makanan hewani daging lainnya tapi tetap mengonsumsi ikan. Sebagian besar orang akan mengadopsi metode ini berharap bisa berubah menjadi vegetarian.

Baca juga: Son Heung Min, BTS dan Song Joong Ki Puncaki Reputasi Brand Akhir Tahun 2022

2. Flexitarian atau semi vegetarian, yaitu suatu istilah bagi orang yang hampir menjadi vegetarian. Sebagian besar makanan yang dikonsumsi adalah sayuran atau buah, tapi kadang-kadang makan daging juga atau hanya makan ikan dan ayam saja.

3. Lacto-vegetarian, yaitu seseorang yang tidak makan telur, daging sapi, daging babi, unggas, ikan, kerang dan produk hewan lainnya. Tapi jenis ini masih mengonsumsi makanan yang berasal dari produk susu.

4. Ovo-vegetarian, yaitu seseorang yang mengonsumsi telur tapi tidak makan segala sesuatu yang berasal dari daging atau produk susu.

5. Lacto-Ovo-vegetarian, yaitu mengombinasikan program diet lacto dan ovo vegetarian. Seseorang masih mengonsumsi susu, mentega, keju, telur dan produk lainnya kecuali daging.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)