home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Terburu Menghina Asing, Inikah Alasan Sebenarnya Panglima Gatot Gagal ke Amerika?

Senin, 23 Oktober 2017 16:16 by reinasoebisono | 4645 hits
Jangan Terburu Menghina Asing, Inikah Alasan Sebenarnya Panglima Gatot Gagal ke Amerika?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Cukup banyak spekulasi mengenai alasan di balik ditolaknya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat. Padahal, jenderal bintang empat itu diundang sendiri oleh Panglima Tentara Amerika Serikat.

Tak sedikit pula netizen dan aksi pihak-pihak yang belum diketahui identitasnya memprotes pencekalan Negeri Paman Sam itu. Bahkan di sejumlah tempat, spanduk provokatif seperti bernada ‘Pulangkan Orang Amerika’ dan semacamnya dipajang di jalanan.

Namun Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI periode 2011-2013 Sulaiman Ponto mengatakan, perlu ada pengkajian ulang terlebih dahulu dan sebaiknya pihak Indonesia tidak buru-buru menuding siapa yang bersalah.

Karena menurut Sulaiman, kedatangan Panglima TNI sudah dipersiapkan oleh pihak Indonesia di Amerika, dan keperluan dokumen seperti visa pun sudah diselesaikan. Dalam konteks ini, masih menurut Sulaiman, Panglilma TNI bukan ditolak ke Amerika, buktinya larangan itu hanya bertahan 4 jam.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Dilanjutkannya, melansir Viva, dalam kasus Panglima TNI ini adalah boarding pass Jakarta menuju Doha keluar. Namun sayangnya, boarding pass Doha menuju Amerika yang tidak keluar. Pengecekan ini memang harus dilakukan maskapai mengingat adanya aturan ketat bahwa maskapai harus menginformasikan penumpangnya sebelum masuk AS.

"Kata siapa ditolak? Kenyataannya adalah boarding pass Doha ke AS yang tak keluar, bukan ada penolakan. Tidak keluar ini ada sistem protokoler yang tak dipenuhi," lanjut Sulaiman.

Terkait insiden ‘panas’ tersebut, pihak Kedubes AS juga sudah sempat menyampaikan permintaan maaf. Wakil Dubes Amerika untuk Indonesia juga sudah memastikan jika Gatot Nurmantyo tak lagi dilarang ke AS. Namun pihak Kementerian Luar Negeri tak berpuas hati dan masih menunggu penjelasan khusus alasan di balik terjadinya kasus ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)