SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante

Kamis, 28 Februari 2013 13:15 by miko | 1413 hits
Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante
id.apocalisselaica.net

Mundurnya Paus Benediktus XVI membuat Vatikan harus segera mencari pengganti. Tepat pukul 19.00 waktu Vatikan, gereja Katolik akan memasuki periode yang dikenal Sede Vacante. Paus Benediktus XVI akan melepaskan jabatannya sebagai pemimpin Gereja Katolik pada pukul 20.00, kemudian seorang kardinal senior akan memegang kendali kepemimpinan hingga Paus baru ditunjuk.

Kardinal yang akan memegang kekuasaan sementara di Vatikan akan disebut dengan nama Camerlengo (Chamberlain). Pada umumnya, Camerlengo memiliki peranan khusus untuk membuat sertifikat kematian seorang pemimpin gereja.

Tak hanya itu, Camerlengo juga akan bertugas menghancurkan ‘Cincin Nelayan’ berwarna emas yang dikenakan Paus. Sementara itu, jabatan Camerlengo akan ditugaskan oleh seorang pejabat senior Vatikan, Tarcisio Bertone.

Baca juga: Mobil Bekas Paus Benediktus Dilego

Seperti dilansir dari AFP, hari ini juga menjadi hari di mana para kardinal berkumpul dalam periode Sede Vacante yang secara simbolis dinobatkan sebagai masa akhir kepausan. Kantor pos Vatikan juga akan mengeluarkan stempel baru dalam periode Sede Vacante.

Para kardinal akan segera menghadiri konklaf tertutup untuk menunjuk paus baru. Seperti diketahui, seluruh konklaf digelar di Kapel Sistina yang dihias oleh seniman-seniman besar Zaman Renaissance seperti halnya Michelangelo, Raphael dan Sandro Botticelli.

Kardinal-kardinal itu disumpah untuk merahasiakan prosesi pemilihan paus saat voting berlangsung. Dua pemilihan akan dilakukan pada pagi hari dan dua pada sore hari, sampai satu orang kandidat meraih suara terbanyak (2/3). Pada sesi terakhir, buletin-buletin pemilihan itu dibakar dengan tambahan berupa bahan kimia. Usai keluar asap putih, lonceng di Basilika Santo Petrus akan berbunyi. Paus baru akan menjalani ritual di Kapel Sistina dan merenungi tugas barunya.

  • HOT !
    Tidak hanya cuaca minus yang membuat hampir sebagian wilayah Korea Selatan membeku belakangan ini, tetapi negeri ginseng juga ada polusi udara, terutama jika sedang musim panas. Kabarnya, polusi udara itu bisa berdampak pada jumlah pengunjung bioskop....
  • HOT !
    Para penyelundup barang untuk masuk ke dalam suatu negara melakukan banyak cara. Yang biasa diselundupkan adalah barang elektronik atau gadget seperti smartphone hingga obat terlarang seperti narkotika....
  • HOT !
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 14 partai politik sebagai peserta Pemilihan Umum 2019. Keempat belas partai itu dianggap memenuhi syarat administrasi dan verifikasi faktual secara nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)