home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante

Kamis, 28 Februari 2013 13:15 by miko | 1615 hits
Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante
id.apocalisselaica.net

Mundurnya Paus Benediktus XVI membuat Vatikan harus segera mencari pengganti. Tepat pukul 19.00 waktu Vatikan, gereja Katolik akan memasuki periode yang dikenal Sede Vacante. Paus Benediktus XVI akan melepaskan jabatannya sebagai pemimpin Gereja Katolik pada pukul 20.00, kemudian seorang kardinal senior akan memegang kendali kepemimpinan hingga Paus baru ditunjuk.

Kardinal yang akan memegang kekuasaan sementara di Vatikan akan disebut dengan nama Camerlengo (Chamberlain). Pada umumnya, Camerlengo memiliki peranan khusus untuk membuat sertifikat kematian seorang pemimpin gereja.

Tak hanya itu, Camerlengo juga akan bertugas menghancurkan ‘Cincin Nelayan’ berwarna emas yang dikenakan Paus. Sementara itu, jabatan Camerlengo akan ditugaskan oleh seorang pejabat senior Vatikan, Tarcisio Bertone.

Baca juga: Mobil Bekas Paus Benediktus Dilego

Seperti dilansir dari AFP, hari ini juga menjadi hari di mana para kardinal berkumpul dalam periode Sede Vacante yang secara simbolis dinobatkan sebagai masa akhir kepausan. Kantor pos Vatikan juga akan mengeluarkan stempel baru dalam periode Sede Vacante.

Para kardinal akan segera menghadiri konklaf tertutup untuk menunjuk paus baru. Seperti diketahui, seluruh konklaf digelar di Kapel Sistina yang dihias oleh seniman-seniman besar Zaman Renaissance seperti halnya Michelangelo, Raphael dan Sandro Botticelli.

Kardinal-kardinal itu disumpah untuk merahasiakan prosesi pemilihan paus saat voting berlangsung. Dua pemilihan akan dilakukan pada pagi hari dan dua pada sore hari, sampai satu orang kandidat meraih suara terbanyak (2/3). Pada sesi terakhir, buletin-buletin pemilihan itu dibakar dengan tambahan berupa bahan kimia. Usai keluar asap putih, lonceng di Basilika Santo Petrus akan berbunyi. Paus baru akan menjalani ritual di Kapel Sistina dan merenungi tugas barunya.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)