SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai

Senin, 11 September 2017 09:30 by reinasoebisono | 996 hits
Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Ada lagi proyek mangkrak 2 dekade yang dianggap infrastruktur penting diwujudkan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Akhirnya Jalan Tol Mojokerto-Jombang yang jadi bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) beroperasi.

Melansir Kompas, ruas tol ini dikatakan Jokowi seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996. Sayangnya terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah. Karena beberapa waktu lalu Jokowi menerima laporan proyek ini sudah selesat, pada Minggu (10/9) kemarin langsung diresmikan.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.


Image source: Kompas

Baca juga: Menyingkap Lagi Cerita Menegangkan Jokowi ke Afghanistan yang Harus Siap Diroket Kanan-Kiri

Peresmian dilakukan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur Wiwiek D Santoso.

Dengan begitu, resmilah panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun. Langkah selanjutnya adalah ujicoba pemanfaatan atau open traffic mulai Rabu mendatang hingga penetapan tarif tol.


Image source: Kompas

Basuki juga mengatakan jika pengoperasian ruas tol ini adalah realisasi dari target pembangunann jalan tol sepanjang 1.800 kilometer hingga akhir tahun 2019. Saat ini waktu tempuh dengan melalui jalan non tol memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam, yang dapat dipangkas dengan adanya jalan tol menjadi kurang dari 1 jam.

(rei)

  • HOT !
    Tidak hanya cuaca minus yang membuat hampir sebagian wilayah Korea Selatan membeku belakangan ini, tetapi negeri ginseng juga ada polusi udara, terutama jika sedang musim panas. Kabarnya, polusi udara itu bisa berdampak pada jumlah pengunjung bioskop....
  • HOT !
    Para penyelundup barang untuk masuk ke dalam suatu negara melakukan banyak cara. Yang biasa diselundupkan adalah barang elektronik atau gadget seperti smartphone hingga obat terlarang seperti narkotika....
  • HOT !
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 14 partai politik sebagai peserta Pemilihan Umum 2019. Keempat belas partai itu dianggap memenuhi syarat administrasi dan verifikasi faktual secara nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)