SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai

Senin, 11 September 2017 09:30 by reinasoebisono | 1036 hits
Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Ada lagi proyek mangkrak 2 dekade yang dianggap infrastruktur penting diwujudkan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Akhirnya Jalan Tol Mojokerto-Jombang yang jadi bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) beroperasi.

Melansir Kompas, ruas tol ini dikatakan Jokowi seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996. Sayangnya terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah. Karena beberapa waktu lalu Jokowi menerima laporan proyek ini sudah selesat, pada Minggu (10/9) kemarin langsung diresmikan.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.


Image source: Kompas

Baca juga: Curhat dan Momen Presiden Jokowi yang Akui Tak Pernah Ulang Tahun

Peresmian dilakukan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur Wiwiek D Santoso.

Dengan begitu, resmilah panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun. Langkah selanjutnya adalah ujicoba pemanfaatan atau open traffic mulai Rabu mendatang hingga penetapan tarif tol.


Image source: Kompas

Basuki juga mengatakan jika pengoperasian ruas tol ini adalah realisasi dari target pembangunann jalan tol sepanjang 1.800 kilometer hingga akhir tahun 2019. Saat ini waktu tempuh dengan melalui jalan non tol memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam, yang dapat dipangkas dengan adanya jalan tol menjadi kurang dari 1 jam.

(rei)

  • HOT !
    Pihak Basarnas yang mengkoordinasikan pencarian KM Sinar Bangun yang masih tenggelam bersama puluhan penumpangnya, akuirnya menemukan dan berhasil mendeteksi posisi kapal itu di kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara....
  • HOT !
    Sebuah studi yang dirilis oleh Komisi Nasional Hak Manusia Korea Selatan menunjukkan jika wanita non Korea yang menikah dengan pria Korea Selatan mengalami pelecehan dan kekerasan dalam hal ekonomi. Perlu digarisbawahi, wanita asing di sini adalah yang menikah dan pindah ke Korea Selatan....
  • HOT !
    Dari ratusan penumpang, baru belasan orang yang ditemukan sementara 3 orang dinyatakan tewas dalam tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba. Salah satu korban selamat, Rahmat, menceritakan hal yang dihadapinya dan membuatnya trauma....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)