SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai

Senin, 11 September 2017 09:30 by reinasoebisono | 919 hits
Mengintip Tol Mojokerto-Jombang yang Diresmikan Jokowi Setelah 20 Tahun Terbengkalai
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Ada lagi proyek mangkrak 2 dekade yang dianggap infrastruktur penting diwujudkan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Akhirnya Jalan Tol Mojokerto-Jombang yang jadi bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) beroperasi.

Melansir Kompas, ruas tol ini dikatakan Jokowi seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996. Sayangnya terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah. Karena beberapa waktu lalu Jokowi menerima laporan proyek ini sudah selesat, pada Minggu (10/9) kemarin langsung diresmikan.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.


Image source: Kompas

Baca juga: Mengapa Jokowi Putuskan Pindah ke Istana Bogor Sepanjang Akhir Tahun 2017?

Peresmian dilakukan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur Wiwiek D Santoso.

Dengan begitu, resmilah panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun. Langkah selanjutnya adalah ujicoba pemanfaatan atau open traffic mulai Rabu mendatang hingga penetapan tarif tol.


Image source: Kompas

Basuki juga mengatakan jika pengoperasian ruas tol ini adalah realisasi dari target pembangunann jalan tol sepanjang 1.800 kilometer hingga akhir tahun 2019. Saat ini waktu tempuh dengan melalui jalan non tol memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam, yang dapat dipangkas dengan adanya jalan tol menjadi kurang dari 1 jam.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua DPR Setya Novanto akhirnya menunjuk Otto Hasibuan sebagai pengacara untuk membela dirinya lantaran terjerat kasus korupsi e KTP dan kini ditahan di rutan KPK. Otto sendiri sempat mencuat namanya ketika membela Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuhan kopi sianida yang menggemparkan publik....
  • HOT !
    Tersangka kasus korupsi e KTP yang juga Ketua DPR Setya Novanto sempat meminta perlindungan hukum kepada Presiden Joko Widodo. Hal itu diakuinya dilakukan sebelum ditahan KPK pada Senin 20 November dini hari tadi....
  • HOT !
    Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik atau E KTP, Setya Novanto, saat ini tengah menerima perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta. Kuasa hukum, Fredrich Yunadi, membagikan kegiatan yang dilakukan kliennya sejak dipindahkan kesana....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)