home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keren, Anak Muda Korea Selatan Mulai Minati Gamelan Indonesia!

Jumat, 18 Agustus 2017 11:00 by reinasoebisono | 1258 hits
Keren, Anak Muda Korea Selatan Mulai Minati Gamelan Indonesia!
Image source: Youtube

DREAMERS.ID - Alat musik tradisional perlahan mulai surut pamornya di kalangan generasi zaman sekarang. Padahal, Indonesia memiliki kebudayaan musik tradisional yang super banyak, mengungat juga begitu banyaknya suku di negeri ini.

Namun siapa sangka jika masyarakat Korea Selatan justru tunjukkan ketertarikan dengan musik tradisional Indonesia, yaitu gamelan. Uniknya, yang berminat dengan alat musik dari Jawa ini adalah anak-anak muda Korsel.

Melansir Viva, dalam sebuah kursus gamelan di Kedutaab Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, pesertanya didominasi oleh oleh anak-anak muda. Memang, ada program baru yang diperkenalkan yaitu Fungsi Pensosbud Diiplik KBRI Seoul di amna salah satunya adalah berlatih rutin gamelan.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

"Ada banyak anak muda Korea yang sudah mendapatkan beasiswa di Indonesia dan kuliah bahasa Indonesia di berbagai universitas di Korea. Mereka semua haus terhadap pendalaman budaya Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Seoul, Umar Hadi.

Ke depannya, pelatihan gamelan ini akan dikolaborasikan dengan alat musik modern yang bisa mngisi berbagai kesempatan yang ada. Tak hanya pengisi anak muda Korsel, KBRI di sana juga membuka latihan rutin gamelan untuk warga Indonesia diaspora. Mereka sudah beberapa kali tampil di acara resmi pemerintah Korsel, lho.

Dubes Umar Hadi telah memberikan nama untuk grup gamelan di KBRI  “Laras GARIS”. Kata “laras” memiliki arti nada atau bunyi musik, sedangkan kata “GARIS” merupakan singkatan dari “Gamelan KBRI Seoul”. Dengan demikian, nama grup Laras GARIS adalah sebuah interpretasi dari nada-nada yang mengalun indah dari KBRI Seoul.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)