SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Raup Uang Rp 500 Miliar, Saldo Rekening First Travel Cuma Sisa Rp 1,3 Juta

Sabtu, 12 Agustus 2017 12:20 by Dits | 3929 hits
Raup Uang Rp 500 Miliar, Saldo Rekening First Travel Cuma Sisa Rp 1,3 Juta
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus penipuan yang dilakukan oleh pemilik PT First Anugrah Karya Wisata atau First Travel yaitu Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan masih diselidiki oleh Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Andika dan Anniesa dijerat kasus penipuan dengan perjanjian pemberangkatan jemaah Umrah. Keduanya diduga kuat telah menipu 35 ribu calon jemaah Umrah, mereka pun kini telah menjadi tersangka dan resmi ditahan.

"Jumlah jemaah yang sudah mendaftar dan membayar itu 70 ribu orang, cukup besar ya. Dan hanya 35 ribu yang berangkat. Sisanya 35 ribu jemaah tidak bisa berangkat dengan berbagai alasan," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Herry Rudolf setelah melakukan sederet intrograsi, Jumat (11/8).

Baca juga: Kemunculan Bos First Travel di Hadapan Jamaah Batal Umrah, Apa Kabar Dana 127 Miliarnya?

Setelah diselidiki berdasarkan ongkos umrah senilai Rp 14,3 juta dikali 35 ribu jamaah maka jumlah kerugian calon jamaah haji mencapai hingga Rp 500 miliar. Namun, uang yang diterima First Travel dari jemaah belum diketahui mengalir kemana. Pasalnya, setelah menjalani pemeriksaan rekening First Travel, hasil yang diketahui saldo tersisa sekitar Rp 1.300.000.

"Ada 8 rekening yang semua (saldonya) ada kurang lebih Rp 1,3 juta. Saya belum bisa jawab aliran dana di rekening itu ke mana," jelas Herry melansir Liputan6.

Polisi akan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengetahui aliran dana jemaah First Travel yang disalahgunakan oleh tersangka. Atas perbuatannya tersebut, pemilik First Travel dapat dijerat dengan pasal berlapis mulai 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)