SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yang Terjadi Pada Panglima Gatot Ketika Jokowi Lebih Tahu Soal Korupsi TNI

Sabtu, 27 Mei 2017 13:40 by reinasoebisono | 3219 hits
Yang Terjadi Pada Panglima Gatot Ketika Jokowi Lebih Tahu Soal Korupsi TNI
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Berada di lingkup terdekat presiden bukan berarti bebas dari masalah dan rasa malu akan sebuah masalah. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang notabene memimpin seluruh lapisan tentara Indonesia pun mengaku sempat malu di hadapan Presiden Joko Widodo.

Pasalnya menurut Gatot, saat itu dirinya ditanya oleh presiden soal kasus korupsi yang ternyata lebih diketahui oleh Jokowi. Hal yang membuat rugi negara ratusan miliar itu pun diakui Gatot membuat dirinya sangat malu.

Tahun lalu, Presiden Jokowi menanyakan soal kerugian negara akibat pengadaan helikopter Augusta Westland (AW)-101. "Presiden tanya, kira-kira kerugian negara berapa? Lalu saya sampaikan kira-kira minimal Rp150 miliar," ujar Gatot mengutip CNN.

Jokowi kemudian menimpali dengan menyebut kerugian negara sebenarnya lebih dari Rp200 miliar. "Bayangkan, presiden lebih tahu dari saya, kan malu saya," kata Gatot.

Baca juga: Respon Kocak Jokowi saat Dipaksa Tiup Lilin Ulang Tahun

Akibatnya, Gatot mengaku tak bisa tidur memikirkan hal tersebut. Ia pun langsung menginstruksikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menginvestigasi proses pengadaan helikopter.

Hasilnya, ternyata benar yang Jokowi katakan jika ada penyimpangan proses pengadaan, bahkan jumlahnya melebihi yang Jokowi katakan. Hingga kini, hasil penghitungan sementara ditemukan dugaan kerugian negara mencapai Rp 220 miliar.

Panglima TNI pun mengungkapkan ada 3 pejabat TNI yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengadaan helikopter buatan Inggris itu. Nilai total pengadaan itu sendiri mencapai Rp 738 miliar. Tak hanya korupsi, Gatot mengatakan kasus ini juga penyalahgunaan kewenangan, pemalsuan hingga ketidaktatan perintah.

(rei)

  • HOT !
    Makhluk mitologi yang jadi legenda kerap menarik perhatian masyarakat sekitar bahkan dunia karena penasaran dengan keberadaannya. Dan biasanya, makhluk makhluk mitologi ini memiliki bentuk atau sesuatu yang tidak biasa dari makhluk atau hewan pada umumnya....
  • HOT !
    Seorang mahasiswa berinisial HO yang masih berusia 18 tahun ditemukan tewas setelah nekat terjun dari lantai kampusnya, Universitas Bina Nusantara (Binus). Peristiwa itu tepatnya terjadi di kampus Binus di Kebon Jeruk, Jakara Barat, Kamis (20/6) sekitar pukul 21.30 WIB....
  • HOT !
    Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) akhirnya mengemukakan sejumlah hasil penyelidikan yang disebut sebgai bukti pada hari Rabu (19/6). Pelapor Khusus PBB bidang eksekusi di luar hukum (extrjudicial executions) Agnes Callamard pun mengatakan jika Arab Saudi adalah dalang dari kasus pembunuhan sadis jurnalis Jamal Khashoggi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)