SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia

Selasa, 12 Februari 2013 13:15 by miko | 4226 hits
Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia
akulisfatul.blogspot.com

Anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang dekat dengan manusia sejak jaman dahulu. Bahkan peneliti pun kini melaporkan kalau seekor anjing ternyata mampu membaca pikiran manusia, sehingga seakan-akan mereka bisa mengerti bahasa manusia.

Dilansir dari BBC, para peneliti melaporkan anjing dapat memahami pikiran manusia jauh lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya. Dalam penelitiannya, para ilmuwan menemukan bahwa anjing mencuri makanan yang dilarang, empat kali lebih tinggi dibandingkan kemungkinan ketika lampu dimatikan sehingga tidak terlihat.

Hasil penelitian ini juga menunjukan anjing dapat mengubah perilaku bila sikap pemilik binatang ini berubah. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition ini merupakan hasil pengujian terhadap 84 anjing.

Eksperimen ini dilakukan untuk melihat apakah anjing dapat menyesuaikan perilaku untuk menanggapi perubahan sikap pemilik. Para ilmuwan ingin meneliti apakah anjing memiliki pengertian tentang pandangan manusia.

Baca juga: Anjing Pitbull Penggigit Bocah hingga Tewas Diminta untuk Dieksekusi Mati?

Ilmuwan menilik sikap anjing dalam mencuri makanan saat lampu dimatikan- menunjukkan binatang ini dapat membedakan apakah orang dapat melihat atau tidak apa yang dilakukan binatang ini.

Dr Juliane Kaminski dari Fakultas Psikologi Universitas Portsmouth, Inggris, mengatakan penelitian itu menunjukkan bahwa anjing mengerti bahwa manusia tidak dapat melihat mereka, dan itu berarti binatang ini juga kemungkinan mengerti perspektif manusia.

Penemuan ini juga penting untuk memahami kemampuan anjing yang digunakan oleh manusia, termasuk anjing pemandu untuk tunanetra dan anjing pelacak yang digunakan polisi.

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)