home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia

Selasa, 12 Februari 2013 13:15 by miko | 4591 hits
Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia
akulisfatul.blogspot.com

Anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang dekat dengan manusia sejak jaman dahulu. Bahkan peneliti pun kini melaporkan kalau seekor anjing ternyata mampu membaca pikiran manusia, sehingga seakan-akan mereka bisa mengerti bahasa manusia.

Dilansir dari BBC, para peneliti melaporkan anjing dapat memahami pikiran manusia jauh lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya. Dalam penelitiannya, para ilmuwan menemukan bahwa anjing mencuri makanan yang dilarang, empat kali lebih tinggi dibandingkan kemungkinan ketika lampu dimatikan sehingga tidak terlihat.

Hasil penelitian ini juga menunjukan anjing dapat mengubah perilaku bila sikap pemilik binatang ini berubah. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition ini merupakan hasil pengujian terhadap 84 anjing.

Eksperimen ini dilakukan untuk melihat apakah anjing dapat menyesuaikan perilaku untuk menanggapi perubahan sikap pemilik. Para ilmuwan ingin meneliti apakah anjing memiliki pengertian tentang pandangan manusia.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Ilmuwan menilik sikap anjing dalam mencuri makanan saat lampu dimatikan- menunjukkan binatang ini dapat membedakan apakah orang dapat melihat atau tidak apa yang dilakukan binatang ini.

Dr Juliane Kaminski dari Fakultas Psikologi Universitas Portsmouth, Inggris, mengatakan penelitian itu menunjukkan bahwa anjing mengerti bahwa manusia tidak dapat melihat mereka, dan itu berarti binatang ini juga kemungkinan mengerti perspektif manusia.

Penemuan ini juga penting untuk memahami kemampuan anjing yang digunakan oleh manusia, termasuk anjing pemandu untuk tunanetra dan anjing pelacak yang digunakan polisi.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)