home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa 7.3 SR di Sangihe Sempat Buat BMKG Keluarkan Peringatan Tsunami?

Sabtu, 29 April 2017 10:55 by reinasoebisono | 1886 hits
Gempa 7.3 SR di Sangihe Sempat Buat BMKG Keluarkan Peringatan Tsunami?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa bumi cukup besar yang terjadi di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pagi ini memiliki kekuatan lebih besar dari yang dilaporkan sebelumnya. Jika beberapa media sempat menulis 7.1 Skala Richter, diklarifikasi menjadi 7.3 Skala Richter.

Mengutip Liputan6, pusat gempa berada di sekitar Mindanau, Filipina atau 210 km barat laut Kepulauan Sangihe atau 246 km barat laut Kepulauan Talaud atau 442 km timur laut Manado, Sulawesi Utara.

Meski cukup besar, gempa dilaporkan dirasakan lemah di Manado, Sangihe dan Maluku Utara. Hanya saja, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

"BMKG telah melaporkan kejadian gempa bumi dengan kekuatan 7,1 SR (di-update menjadi 7.3 SR)  dengan koordinat 5.45 LU, 125.00 BT pada Sabtu (29/4/2017) 03:23:17 WIB. BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran tertulisnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga sempat terus memantau sekitar pantai, namun belum ada tanda-tanda tsunami meski gempa merusak diperkirakan terjadi di sekitar Kepulauan Mindanau, Filipina.

"Hingga saat ini dampak gempa 7,3 SR di wilayah di Indonesia belum ada. Kondisi masih aman. Belum ada laporan korban jiwa, kerusakan bangunan dan terjadinya tsunami di wilayah Indonesia. Pemantauan dan kewaspadaan terus dilakukan BPBD," Sutopo menjelaskan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)