home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Ketatnya Pencetakan Surat Suara Pilkada DKI Putaran Kedua

Jumat, 24 Maret 2017 10:35 by reinasoebisono | 980 hits
Begini Ketatnya Pencetakan Surat Suara Pilkada DKI Putaran Kedua
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Putaran kedua Pilkada Gubernur DKI Jakarta Putaran Kedua akan segera digelar April mendatang. Kampanye sedang berjalan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sedang mempersiapkan perlengkapan pemilu, termasuk pencetakan surat suara.

Melansir Kompas, pengamanan yang dilakukan dalam proses pencetakan kok sangat ketat, hingga 3 lapis pengamanan. Karena bersifat sangat rahasia, pihak Gramedia Printing selaku pemenang tender yang mencetak surat suara pun ikut andil.

"Jadi kami dalam hal memproses surat suara ini karena sangat confidential, memiliki beberapa lapis keamanan. Tentunya kami berkoordinasi dengan Polda, Polres, dan Polsek," ujar Vice General Manager PT Gramedia Printing Benny Setyawan.

Dilaporkan ada 23 orang polisi yang berjaga bergantian selama 24 jam non-stop. Selain adanya identitas khusus yang digunakan petugas percetakan, semua yang masuk ke area produksi dilarang membawa alt rekam dalam bentuk apapun.

Baca juga: Pengakuan Adanya Permintaan Peserta Demo 212 ke Partai dalam Peran Kemenangan Anies-Sandi

"Terhadap alat perekam apa pun, termasuk handphone, tidak diperbolehkan dibawa ke dalam area produksi. Jadi memang ada kekhusuan di sini karena ini juga merupakan tugas negara yang harus kami jaga," kata Benny.

Jumlah surat suara yang dicetak dari daftar pemilih sementara (DPS) sejumlah 7.264.749, plus surat suara cadangan 2.5% per TPS. Sisa surat suara akan dicetak setelah daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan pada 5 April mendatang.

"Proses pencetakan, packing, pengepakan, itu nanti tanggal 29 sudah selesai. Kalau nyetaknya sih enggak lama, yang lama packing segala macam karena harus dihitung, enggak boleh lebih, enggak boleh kurang. Jadi persis sama dengan pesanan kami," ucap Sumarno, Ketua KPU DKI Jakarta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)