home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Ketatnya Pencetakan Surat Suara Pilkada DKI Putaran Kedua

Jumat, 24 Maret 2017 10:35 by reinasoebisono | 930 hits
Begini Ketatnya Pencetakan Surat Suara Pilkada DKI Putaran Kedua
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Putaran kedua Pilkada Gubernur DKI Jakarta Putaran Kedua akan segera digelar April mendatang. Kampanye sedang berjalan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sedang mempersiapkan perlengkapan pemilu, termasuk pencetakan surat suara.

Melansir Kompas, pengamanan yang dilakukan dalam proses pencetakan kok sangat ketat, hingga 3 lapis pengamanan. Karena bersifat sangat rahasia, pihak Gramedia Printing selaku pemenang tender yang mencetak surat suara pun ikut andil.

"Jadi kami dalam hal memproses surat suara ini karena sangat confidential, memiliki beberapa lapis keamanan. Tentunya kami berkoordinasi dengan Polda, Polres, dan Polsek," ujar Vice General Manager PT Gramedia Printing Benny Setyawan.

Dilaporkan ada 23 orang polisi yang berjaga bergantian selama 24 jam non-stop. Selain adanya identitas khusus yang digunakan petugas percetakan, semua yang masuk ke area produksi dilarang membawa alt rekam dalam bentuk apapun.

Baca juga: Pengakuan Adanya Permintaan Peserta Demo 212 ke Partai dalam Peran Kemenangan Anies-Sandi

"Terhadap alat perekam apa pun, termasuk handphone, tidak diperbolehkan dibawa ke dalam area produksi. Jadi memang ada kekhusuan di sini karena ini juga merupakan tugas negara yang harus kami jaga," kata Benny.

Jumlah surat suara yang dicetak dari daftar pemilih sementara (DPS) sejumlah 7.264.749, plus surat suara cadangan 2.5% per TPS. Sisa surat suara akan dicetak setelah daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan pada 5 April mendatang.

"Proses pencetakan, packing, pengepakan, itu nanti tanggal 29 sudah selesai. Kalau nyetaknya sih enggak lama, yang lama packing segala macam karena harus dihitung, enggak boleh lebih, enggak boleh kurang. Jadi persis sama dengan pesanan kami," ucap Sumarno, Ketua KPU DKI Jakarta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)