home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan Barack Obama Soal Tudingan Penyadapan di Kantor Donald Trump

Senin, 06 Maret 2017 10:10 by Dits | 913 hits
Tanggapan Barack Obama Soal Tudingan Penyadapan di Kantor Donald Trump
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID -Donald Trump menuding Barack Obama telah melakukan penyadapan terhadap dirinya. Penyadapan tersebut diduga dilakukan pada bulan Oktober tahun lalu di Trump Tower saat detik-detik terakhir kampanye pemilihan presiden ke-45 dilangsungkan. Lantas apa tanggapan Obama?

Melalui juru bicaranya, Kevin Lewis, Obama menepis tudingan Trump kalau dirinya telah memerintahkan penyadapan sebelum pemilihan presiden. Lewis juga menegaskan dugaan yang menyebut Mantan presiden Amerika Serikat tersebut atau stafnya memerintahkan penyadapan terhadap warga AS adalah salah.

Baca juga: Barack Obama Dinyatakan Positif Covid-19

Menurutnya, dalam pemerintahan Obama telah diatur bahwa Gedung Putih tidak akan mengintervensi setiap investigasi yang digelar kementerian kehakiman. Semua investigasi kementerian kehakiman sudah dipastikan digelar tanpa ada pengaruh atau tekanan politik.

"Sebagai bagian dari praktik itu, baik Obama maupun staf Gedung Putih tidak pernah memerintahkan pengawasan untuk warga AS. Semua tudingan yang menyatakan sebaliknya adalah salah," ujar Lewis.

Meski demikian, dalam pernyataan Lewis tersebut tak disebutkan kalau ada kemungkinan penyadapan terhadap tim kampanye Trump atas perintah kementerian kehakiman. Untuk diketahui, dalam sistem undang-undang AS, pengadilan federal harus memiliki alasan kuat untuk menyadap agen negara asing. Alasan tersebut penting sebelum pengadilan memberikan surat izin pengawasan elektronik alias penyadapan.

Artikel terkait:
Tanggapan Barack Obama Soal Tudingan Penyadapan di Kantor Donald Trump

(dits/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)