home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Simpang Susun Semanggi yang Memukau dan Diacungi Jempol oleh Jokowi

Jumat, 24 Februari 2017 18:15 by reinasoebisono | 5066 hits
Mengenal Simpang Susun Semanggi yang Memukau dan Diacungi Jempol oleh Jokowi
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Tak hanya Jalur Trans Papua atau MRT yang jadi mega proyek pemerintah, namun ada satu lagi proyek besar infrastruktur yang diam-diam sudah berjalan bahkan memiliki perkembangan yang signifikan. Proyek tersebut adalah Simpang Susun Semanggi.

Banyak yang belum mengetahuinya, namun Simpang Susun Semanggi yang cukup menakjubkan dari rancangannya saja, adalah infrastruktur pengentas kemacetan di tengah ibu kota Jakarta. Dan ternyata, memiliki keunikan tersendiri.


Image source: CFD Info/Twitter

Melihat dari gambarnya, Simpang Susun Semanggi memiliki salah satu teknologi paling canggih saat ini. Dilansir Kompas, dua flyover-nya yang melingkar tersusun 333 segmental box girder yang telah dicetak (precast) untuk kemudian disusun.

Hal ini adalah tantangan, karena jika cetakannya tidak sama beberapa sentimeter, antara box tidak bisa bertemu sempurna. Jika salah presisi dalam pemasangan, jembatan ini pun bisa roboh sewaktu-waktu. Dekorasinya pun punya simbol sendiri.

Pagar flyover atau parapet memiliki motif daun semanggi di sisi luarnya, sedangkan sisi dalam akan bermotif gigi balang seperti rumah adat Betawi yang bermaksud melestarikan kearifan lokal.


Pembangunan Simpang Susun Semanggi (Kompas)

Mock up lampu warna-warni di Simpang Susun Semanggi (Kompas)

Baca juga: Simpang Susun Semanggi Sudah Dicorat-Coret Warga, Djarot: Ngelus Dada

Yang terbaru adalah Presiden Joko Widodo yang sempat meninjau proyek tersebut memuji habis kecepatan proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi. Tak hanya itu, Jokowi juga memujinya dari sisi efisiensi biaya.

"Saya melihat pembangunan ini sangat cepat sekali. Saya acungi jempol kerja cepat WIKA dalam menyelesaikan Simpang Susun Semanggi ini," ujar Jokowi. "Pembiayaannya sangat murah, sangat efisien. Tadi saya dengan dari Menteri PU-Pera dan Gubernur DKI, nominalnya Rp 360 miliar,"

Proyek yang sempat diragukan sebelumnya ini pun disenangi oleh Jokowi karena tak mengubah nilai historikal dari jembatan semanggi itu sendiri. Pun sang presiden yakin 30-40% kemacetan berkurang karena semua ruas jalan nantinya akan masuk ke simpang susun ini.

Rencananya, proyek ini rampung pada pertengahan 2017 dan diharapkan diresmikan tepat pada ulang tahun Indonesia yang ke-72, yaitu tanggal 17 Agustus mendatang. Turut hadir Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Bintang Perbowo.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)