SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siap Digelar, Ini 6 Segmen Debat Kandidat Pilkada DKI yang Perlu Diketahui

Senin, 09 Januari 2017 16:30 by reinasoebisono | 1228 hits
Siap Digelar, Ini 6 Segmen Debat Kandidat Pilkada DKI yang Perlu Diketahui
Image source: PKS-Jakarta.or.id

DREAMERS.ID - Meski beberapa stasiun TV sempat menggelar debat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta, namun debat paling ditunggu adalah yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Debat kandidat pemilihan kepala daerah DKI Jakarta ini akan digelar 13 Januari mendatang.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno pun membocorkan jika debat yang diperkirakan akan berlangsung ‘panas’ itu terbagi dalam 6 segmen. Beberapa stasiun TV pun akan menyiarkannya secara live. Berikut adalah tahapannya :

Segmen 1 Pemaparan Visi Misi
Di segmen ini, belum ada debat. Namun setiap pasang calon pemimpin Jakarta akan memaparkan visi misinya jika terpilih pada saat pemilu nanti.

Segmen 2 Pendalaman Visi Misi
Di segmen ini, setiap pasang akan diberikan pertanyaan oleh moderator terkait visi misi yang dipaparkan di segmen sebelumnya. Di beberapa pemilihan, segmen ini sedikit banyak menentukan kelayakan dan kepatutan pasangan di mata pemilih

Segmen 3 Permasalahan Jakarta
Masih belum ada debat antar pasangan, pertanyaan maish berasal dari moderator yang terfokus pada permasalahan di Jakarta. Temanya bisa menyangkut sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan hingga lingkungan-transportasi.

Baca juga: Punya Keunggulan Masing-masing, Ini Kata Pakar Soal Adu Program Hunian Ahok dan Anies Saat Debat

Segmen 4 Saling Lempar Pertanyaan
Di segmen ini akan semakin seru karena setiap pasang calon diperbolehkan memberikan pertanyaan pada pasangan lain. Hanya saja belum terjadi debat, prosesnya hanya memberi pertanyaan lalu dijawab oleh yang bersangkutan.

Segmen 5 Debat Antar Calon
Di sini, debat sebenarnya akan terjadi karena setiap pasangan calon bisa saling mendebat pernyataan dari pasangan lain. Namun Sumarno mengatakan jika debat akan tetap diatur. Para pasangan pun dilarang melontarkan kalimat sensitif yang menyinggung SARA.

Segmen 6 Penutup
Mirip dengan segmen 4, di segmen terakhir ini setiap pasang diperbolehkan memberi pertanyaan penutup kepada pasangan lain.

Sementara itu, Sumarno mengatakan lebih lanjut jika materi debat masih disusun dan diperdalam oleh tim panelis yang terdiri dari sejumlah pakar yang sudah dipilih. Debat tanggal 13 Januari nanti akan dihadiri ketiga pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful dan Anie Baswedan-Sandiaga Uno.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)