SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tersukses di Dunia, Ini Fakta-Fakta Mengejutkan Soal Tax Amnesty Indonesia

Senin, 03 Oktober 2016 11:18 by reinasoebisono | 1345 hits
Tersukses di Dunia, Ini Fakta-Fakta Mengejutkan Soal Tax Amnesty Indonesia
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Salah satu cara para pengusaha mengelak dari bayar pajak adalah dengan ‘menyimpan’ uangnya di luar negeri terutama negara yang tidak meminta pajak, sehingga banyak penggelapan pajak dan uang di dalam negeri pun tidak banyak. Salah satu cara pemerintah mengatasinya adalah dengan tax amnesty.

Lebih lanjut, tax amnesty sendiri adalah pengampunan pajak terdahulu para pengusaha hanya dengan membayar tebusan 2% dari total kekayaannya tersebut. Indonesia diklaim memiliki tarif tebusan tax amnesty terendah di dunia. Nah, sebentar lagi, tax amnesty periode I akan segera berakhir namun sudah ada beberapa fakta menarik tentang program ini, apa saja?

1.Masyarakat Antri Sejak Subuh

Tak disangka, ternyata antusias masyarakat dalam menebus pajaknya ini sangat tinggi, bahkan ada dalam beberapa hari peserta mengantri sejak pukul 04.00 pagi karena antrian akan membludak jika datang sedikit lebih siang. Bahkan, kantor pajak buka hingga pukul 00.00 khusus untuk tanggal 30 September kemarin.

2.Antrian Hingga Ribuan Orang

Tak hanya waktu datang sejak subuh, namun kantor Direktorat Jenderal Pajak, Gatot Subroto, Jakarta mengukir rekor dengan memiliki nomor antrian mengular hingga 1.778 orang! Melansir Merdeka, total Wajib Pajak yang telah ikut tax amnesty hingga kini mencapai 300 ribu orang.

3.Datang Dari Berbagai Kalangan

Tak hanya pengusaha, namun nama besar dari profesi lain seperti Ustadz Yusuf Mansyur pun ikut tax amnesty. Bahkan warga asing yang selama ini tidak diketahui memiliki aset di Bali secara sukarela menebus pajaknya. Ada juga warga Australia dan Jepang juga melaporkan dan menebus wajib pajak yang tak diketahui.

4.Tersukses di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika tax amnesty Indonesia adalah yang tersukses di dunia. Meski server Dirjen Pajak sempat mengalami gangguan karena banyaknya yang mengakses, total tebusan pajak sudah mencapai Rp95.6 Triliun.

Bagaimana tidak, dana repatriasi atau uang yang kembali masuk ke Indonesia, juga dana deklarasi dan lainnya sudah mencapai Rp3.300 Triliun! Presiden Jokowi diprediksi akan memanfaatkan dana tersebut untuk menginvestasikannya ke program infrastruktur beberapa daerah di Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)