home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tersukses di Dunia, Ini Fakta-Fakta Mengejutkan Soal Tax Amnesty Indonesia

Senin, 03 Oktober 2016 11:18 by reinasoebisono | 1560 hits
Tersukses di Dunia, Ini Fakta-Fakta Mengejutkan Soal Tax Amnesty Indonesia
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Salah satu cara para pengusaha mengelak dari bayar pajak adalah dengan ‘menyimpan’ uangnya di luar negeri terutama negara yang tidak meminta pajak, sehingga banyak penggelapan pajak dan uang di dalam negeri pun tidak banyak. Salah satu cara pemerintah mengatasinya adalah dengan tax amnesty.

Lebih lanjut, tax amnesty sendiri adalah pengampunan pajak terdahulu para pengusaha hanya dengan membayar tebusan 2% dari total kekayaannya tersebut. Indonesia diklaim memiliki tarif tebusan tax amnesty terendah di dunia. Nah, sebentar lagi, tax amnesty periode I akan segera berakhir namun sudah ada beberapa fakta menarik tentang program ini, apa saja?

1.Masyarakat Antri Sejak Subuh

Tak disangka, ternyata antusias masyarakat dalam menebus pajaknya ini sangat tinggi, bahkan ada dalam beberapa hari peserta mengantri sejak pukul 04.00 pagi karena antrian akan membludak jika datang sedikit lebih siang. Bahkan, kantor pajak buka hingga pukul 00.00 khusus untuk tanggal 30 September kemarin.

2.Antrian Hingga Ribuan Orang

Tak hanya waktu datang sejak subuh, namun kantor Direktorat Jenderal Pajak, Gatot Subroto, Jakarta mengukir rekor dengan memiliki nomor antrian mengular hingga 1.778 orang! Melansir Merdeka, total Wajib Pajak yang telah ikut tax amnesty hingga kini mencapai 300 ribu orang.

3.Datang Dari Berbagai Kalangan

Tak hanya pengusaha, namun nama besar dari profesi lain seperti Ustadz Yusuf Mansyur pun ikut tax amnesty. Bahkan warga asing yang selama ini tidak diketahui memiliki aset di Bali secara sukarela menebus pajaknya. Ada juga warga Australia dan Jepang juga melaporkan dan menebus wajib pajak yang tak diketahui.

4.Tersukses di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika tax amnesty Indonesia adalah yang tersukses di dunia. Meski server Dirjen Pajak sempat mengalami gangguan karena banyaknya yang mengakses, total tebusan pajak sudah mencapai Rp95.6 Triliun.

Bagaimana tidak, dana repatriasi atau uang yang kembali masuk ke Indonesia, juga dana deklarasi dan lainnya sudah mencapai Rp3.300 Triliun! Presiden Jokowi diprediksi akan memanfaatkan dana tersebut untuk menginvestasikannya ke program infrastruktur beberapa daerah di Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)