SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang

Jumat, 23 September 2016 13:10 by reinasoebisono | 2663 hits
Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tak hanya di Indonesia, tapi di Korea Selatan, masyarakatnya juga banyak yang aktif menuntut emansipasi wanita. Namun melansir laman Chosun Ilbo, para wanita ini terlampau aktif dan kurang memiliki waktu untuk diri sendiri.

Menurut survei yang dilakukan Statistic Korea, jumlah wanita melampaui pria dalam hal mengenyam pendidikan kuliah pada tahun 2015. Sayangnya, para kaum hawa ini masih belum mendominasi di bidang karir.

Lebih lanjut, kebanyakan dari mereka menikah terlambat dan jumlah wanita yang melahirkan di usia 20-an berkurang. Lebih banyak yang memiliki anak di usia 30-40 tahunan. Sebanyak 20% juga dilaporkan berhenti bekerja setelah menikah karena hamil dan memiliki anak.


Image source: Chosun Ilbo

Soal menikah terlambat, percaya atau tidak, rata-rata dari mereka menikah pada usia 29.8 tahun. Dan ada beberapa dari mereka yang bercerai dan mengalami pernikahan kedua pada usia 43 tahun di mana 67.7% menikahi pria yang lebih tua.

Baca juga: Ada Aplikasinya yang Sempat Dikecam, Arab Saudi Segera Cabut Peraturan Wanita Harus Izin Pria Jika Bepergian?

Angka perceraian di Korea Selatan juga cukup tinggi. Di tahun 2015 saja, tercatat ada 115.000 wanita yang bercerai meski hasil survei menunjukkan lebih banyak yang menghabiskan hidup bersama di atas 20 tahun.

Yang mengejutkan, pola hidup wanita Korsel justru meningkat saat menikah. Contohnya adalah rutin sarapan, tidur, berolahraga hingga pemeriksaan kesehatan rutin pun lebih tinggi dimiliki oleh wanita menikah ketimbang mereka yang lajang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ular yang tewas terpanggang di hutan kalimantan diduga adalah piton atau ular sanca kembang dengan panjang 3 meter. Ular yang hangus karena kebakaran hutan itu pun menjadi viral. Namun meski piton bukan termasuk ular mematikan karena racunnya, Indonesia memiliki ular paling mematikan di dunia....
  • HOT !
    Viralnya seorang pria yang melakukan operasi plastik demi mirip dengan artis idolanya Jimin BTS memang sempat menarik perhatian publik. Pria bernama Oli London tersebut kemudian mengungkapkan alasan mengapa ia ingin melakukan prosedur operasi yang sudah ia lakukan sebanyak 15 kali tersebut....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)