SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang

Jumat, 23 September 2016 13:10 by reinasoebisono | 2532 hits
Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tak hanya di Indonesia, tapi di Korea Selatan, masyarakatnya juga banyak yang aktif menuntut emansipasi wanita. Namun melansir laman Chosun Ilbo, para wanita ini terlampau aktif dan kurang memiliki waktu untuk diri sendiri.

Menurut survei yang dilakukan Statistic Korea, jumlah wanita melampaui pria dalam hal mengenyam pendidikan kuliah pada tahun 2015. Sayangnya, para kaum hawa ini masih belum mendominasi di bidang karir.

Lebih lanjut, kebanyakan dari mereka menikah terlambat dan jumlah wanita yang melahirkan di usia 20-an berkurang. Lebih banyak yang memiliki anak di usia 30-40 tahunan. Sebanyak 20% juga dilaporkan berhenti bekerja setelah menikah karena hamil dan memiliki anak.


Image source: Chosun Ilbo

Soal menikah terlambat, percaya atau tidak, rata-rata dari mereka menikah pada usia 29.8 tahun. Dan ada beberapa dari mereka yang bercerai dan mengalami pernikahan kedua pada usia 43 tahun di mana 67.7% menikahi pria yang lebih tua.

Baca juga: Penampakan dan Curhat Paspampres Wanita yang Viral, 'Jokowi's Angels'

Angka perceraian di Korea Selatan juga cukup tinggi. Di tahun 2015 saja, tercatat ada 115.000 wanita yang bercerai meski hasil survei menunjukkan lebih banyak yang menghabiskan hidup bersama di atas 20 tahun.

Yang mengejutkan, pola hidup wanita Korsel justru meningkat saat menikah. Contohnya adalah rutin sarapan, tidur, berolahraga hingga pemeriksaan kesehatan rutin pun lebih tinggi dimiliki oleh wanita menikah ketimbang mereka yang lajang.

(rei)

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)