SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Mempan dengan Tulisan, Ini Usaha Pemerintah Seoul untuk Cegah Bunuh Diri di Jembatan

Jumat, 16 September 2016 11:17 by zia92 | 1981 hits
Tak Mempan dengan Tulisan, Ini Usaha Pemerintah Seoul untuk Cegah Bunuh Diri di Jembatan
Image source: MBC

DREAMERS.ID - Tindakan bunuh diri dari warga Korea Selatan sepertinya masih menjadi perhatian pemerintah. Salah satu cara bunuh diri yang sering terdengar adalah dengan melompat ke sungai dari jembatan. Untuk itu, pemerintah setempat sekali lagi melakukan usahanya dalam mencegah usaha bunuh diri.

Dilaporkan dari laman Chosun Ilbo, Pemerintah Metropolitan Seoul akan menaikkan pagar penghalang di sepanjang trotoar jembatan Mapo. Jembatan di atas sungai Han ini memang kerap menjadi tempat seseorang untuk menyelesaikan hidupnya dengan cara yang tidak tepat.


Image source: parkkim.net

Pemerintah kota rencananya akan memasang pagar cekung baru setinggi 2,5 meter pada Desember 2016 mendatang. Dengan pagar setinggi itu, seseorang hampir tidak mungkin untuk memanjatnya karena bentuknya yang cekung akan membuat gravitasi kembali lagi ke jembatan.

Untuk keamanan tambahan, gulungan batu abacus juga akan dipasang di bagian bawah pagar dan kawat baja dengan jarak 20 cm.


Image source: trafo-m.de

Sebenarnya, sejak tahun 2012 lalu pemerintah sudah melakukan usaha untuk menekan percobaan bunuh diri warganya dengan melakukan kampanye yang bekerjasa sama dengan Samsung Life Insurance. Pesan-pesan inspirasional tertulis di sepanjang jembatan dan ada sensor gerak yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu saat ada orang yang mendekat. Namun kampanye ini tidak memiliki efek yang besar, bahkan sebaliknya.

Menurut catatan, jumlah orang yang bunuh diri di jembatan Mapo mencapai 11 orang di tahun 2011 dan 15 orang di tahun 2012. Namun sejak kampanye tersebut berjalan, angka bunuh diri justru meninggak menjadi 93 orang di tahun 2013, 184 di tahun 2014, dan 202, di tahun 2015.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)