home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Mempan dengan Tulisan, Ini Usaha Pemerintah Seoul untuk Cegah Bunuh Diri di Jembatan

Jumat, 16 September 2016 11:17 by fzhchyn | 4968 hits
Tak Mempan dengan Tulisan, Ini Usaha Pemerintah Seoul untuk Cegah Bunuh Diri di Jembatan
Image source: MBC

DREAMERS.ID - Tindakan bunuh diri dari warga Korea Selatan sepertinya masih menjadi perhatian pemerintah. Salah satu cara bunuh diri yang sering terdengar adalah dengan melompat ke sungai dari jembatan. Untuk itu, pemerintah setempat sekali lagi melakukan usahanya dalam mencegah usaha bunuh diri.

Dilaporkan dari laman Chosun Ilbo, Pemerintah Metropolitan Seoul akan menaikkan pagar penghalang di sepanjang trotoar jembatan Mapo. Jembatan di atas sungai Han ini memang kerap menjadi tempat seseorang untuk menyelesaikan hidupnya dengan cara yang tidak tepat.


Image source: parkkim.net

Pemerintah kota rencananya akan memasang pagar cekung baru setinggi 2,5 meter pada Desember 2016 mendatang. Dengan pagar setinggi itu, seseorang hampir tidak mungkin untuk memanjatnya karena bentuknya yang cekung akan membuat gravitasi kembali lagi ke jembatan.

Untuk keamanan tambahan, gulungan batu abacus juga akan dipasang di bagian bawah pagar dan kawat baja dengan jarak 20 cm.


Image source: trafo-m.de

Sebenarnya, sejak tahun 2012 lalu pemerintah sudah melakukan usaha untuk menekan percobaan bunuh diri warganya dengan melakukan kampanye yang bekerjasa sama dengan Samsung Life Insurance. Pesan-pesan inspirasional tertulis di sepanjang jembatan dan ada sensor gerak yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu saat ada orang yang mendekat. Namun kampanye ini tidak memiliki efek yang besar, bahkan sebaliknya.

Menurut catatan, jumlah orang yang bunuh diri di jembatan Mapo mencapai 11 orang di tahun 2011 dan 15 orang di tahun 2012. Namun sejak kampanye tersebut berjalan, angka bunuh diri justru meninggak menjadi 93 orang di tahun 2013, 184 di tahun 2014, dan 202, di tahun 2015.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)