SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gerhana Matahari Cincin Sebagian Terjadi di 124 Kota dan Kabupaten di Indonesia, Apa Istimewanya?

Rabu, 31 Agustus 2016 10:30 by Dits | 8774 hits
Gerhana Matahari Cincin Sebagian Terjadi di 124 Kota dan Kabupaten di Indonesia, Apa Istimewanya?
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID -Fenomena gerhana kembali terjadi di wilayah Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia merasakan euforia dengan terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016, kini sebentar masyarakat akan menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada 1 September 2016. Lantas apa istimewanya?

Pada Selasa (30/8) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situsnya memberikan informasi perihal terjadinya gerhana tersebut yang akan berlangsung pada 1 September 2016. Alur gerhana dilaporkan akan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia.

Istimewanya, gerhana ini hanya terjadi setiap 18 tahun sekali dan akan berlangsung di sebagian wilayah di Indonesia pada sore hari jelang Matahari terbenam. Fenomena alam ini dapat dilihat di 124 kota/kabupaten di 10 provinsi. Yakni Sumatera barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur bagian barat.

"GMC 1 September 2016 ini akan teramati dari lokasi-lokasi di atas pada saat matahari akan terbenam," kata BMKG dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (20/8).

Baca juga: Wah, Ada Misteri Dibalik Sederet Jadwal Rilis MV EXO dengan Konsep Baru 'Eclipse'

Peristiwa GMC yang terjadi pada 1 September 2016 ini terjadi 34 menit 20,1 detik di Kota Manna, Bengkulu. Kota Manna merupakan titik terlama yang bisa mengamati terjadinya GMC di Indonesia. Sementara itu, kontak GMC pertama akan terlihat di Pacitan pada pukul 17:26:00,9 WIB. Setelah itu akan terus bergeser ke bagian barat Indonesia.

"Mengingat gerhana ini terjadi saat sore hari di Indonesia, semua lokasi di pulau Jawa dan Kalianda, Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama (ketika piringan bulan mulai mendekati piringan matahari) saja untuk kemudian Mataharinya terbenam," terang BMKG.

Adapun puncak GMC pertama kali bisa terlihat di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17:52:18,5 WIB. Kemudiam akan terus bergeser ke beberapa kota sekitarnya. 

"Setelah puncak gerhana ini, Matahari pun terbenam di semua kota di Lampung, serta di beberapa kota di Sumatera Selatan dan Bengkulu," tambahnya. 

Proses gerhana berakhir ketika kontak terakhir terjadi. Hal ini akan teramati paling awal di Talang Ubi, Sumatera Selatan pada pukul 17.59.36, WIB. Proses paling akhir dari GMC terjadi di Kepahiang, Bengkulu pada pukul 18.06.58,2 WIB.

Secara umum, gerhana dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya. Untuk memprediksi keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut Siklus Saros tertentu. Gerhana-gerhana pada Siklus Saros tertentu akan berulang hampir setiap 18 tahun 11 hari. 

Sebagai contoh, GMC 1 September 2016 adalah anggota ke 39 dari 71 anggota pada Siklus Saroske 135. Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GMC 1 September 2016 ini adalah GMC yang terjadi pada 22 Agustus 1998. Adapun Gerhana sesudahnya yang berasosiasi dengan GMC 1 September 2016 tersebut adalah GMC yang terjadi pada 12 September 2034.

(dits/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)