home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Usianya Mencapai 145 Tahun, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia Ingin Segera Meninggal

Selasa, 30 Agustus 2016 10:20 by Dits | 1909 hits
Usianya Mencapai 145 Tahun, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia Ingin Segera Meninggal
Image source: mirror.co.u

DREAMERS.ID - Pria asal Indonesia bernama Sodimejo atau akrab disapa Mbah Gotho diyakini sebagai manusia tertua di dunia. Kakek yang tinggal di daerah Sragen, Jawa Tengah itu memiliki umur lebih panjang dibandingkan manusia kebanyakan saat ini. Dilaporkan dari data Kartu Tanda Penduduk (KTP), Mbah Gotho diketahui berumur 145 tahun.

Melansir laman Independent, Mbah Gotho hidup lebih lama daripada 10 saudara kandungnya. Selama masa hidupnya ia diketahui telah memiliki empat orang istri dan istrinya yang terakhir meninggal dunia pada tahun 1988 silam. Semua anak-anaknya juga telah meninggal dunia dan kini ia hanya memiliki cucu, cicit, dan cucu dari cicitnya.


image source: Mirorr.co.uk

Saat diwawancarai, satu keinginan dan harapan dari Mbah Gotho. Ia mengaku sudah bosan hidup dan ingin segera meninggal dunia. "Apa yang saya inginkan adalah mati. Teman-teman seumuran saya sudah mati semua. Apa saya itu keliwatan (terlewat) lupa enggak diambil nyawanya ya," ujar Mbah Gotho.

Menurut sang cucu, Suryanto, Mbah Gotho mulai mempersiapkan kematiannya sejak tahun 1992 silam saat usianya menginjak angka 122 tahun. Bahkan ia telah membuat sebuah batu nisan bertuliskan namanya, akan tetapi pada kenyataanya ia masih diberi umur hingga saat ini.

Baca juga: Ada Wanita dan Satu Pendatang Baru, Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

"Batu nisan yang ada di sana itu dibuat pada tahun 1992, itu berarti sudah 24 tahun yang lalu," kata Suryanto.

Sementara itu, KTP Mbah Gotho pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Disdukcapil yang menyatakan data tersebut benar dan bukan rekayasa. Oleh karena hal itu, ia mendapatkan gelar manusia tertua yang masih hidup, setelah sebelumnya gelar manusia tertua dipegang oleh wanita asal Perancis, Jeanne Calment yang meninggal diusia 122 tahun atau lebih muda 23 tahun dari Mbah Gotho.

(dits/Tribunnews/Viva)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)