SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Usianya Mencapai 145 Tahun, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia Ingin Segera Meninggal

Selasa, 30 Agustus 2016 10:20 by Dits | 1684 hits
Usianya Mencapai 145 Tahun, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia Ingin Segera Meninggal
Image source: mirror.co.u

DREAMERS.ID - Pria asal Indonesia bernama Sodimejo atau akrab disapa Mbah Gotho diyakini sebagai manusia tertua di dunia. Kakek yang tinggal di daerah Sragen, Jawa Tengah itu memiliki umur lebih panjang dibandingkan manusia kebanyakan saat ini. Dilaporkan dari data Kartu Tanda Penduduk (KTP), Mbah Gotho diketahui berumur 145 tahun.

Melansir laman Independent, Mbah Gotho hidup lebih lama daripada 10 saudara kandungnya. Selama masa hidupnya ia diketahui telah memiliki empat orang istri dan istrinya yang terakhir meninggal dunia pada tahun 1988 silam. Semua anak-anaknya juga telah meninggal dunia dan kini ia hanya memiliki cucu, cicit, dan cucu dari cicitnya.


image source: Mirorr.co.uk

Saat diwawancarai, satu keinginan dan harapan dari Mbah Gotho. Ia mengaku sudah bosan hidup dan ingin segera meninggal dunia. "Apa yang saya inginkan adalah mati. Teman-teman seumuran saya sudah mati semua. Apa saya itu keliwatan (terlewat) lupa enggak diambil nyawanya ya," ujar Mbah Gotho.

Menurut sang cucu, Suryanto, Mbah Gotho mulai mempersiapkan kematiannya sejak tahun 1992 silam saat usianya menginjak angka 122 tahun. Bahkan ia telah membuat sebuah batu nisan bertuliskan namanya, akan tetapi pada kenyataanya ia masih diberi umur hingga saat ini.

Baca juga: Alasan 'Star Wars: The Last Jedi' Tayang di Indonesia Lebih Awal Dibanding Negara Lainnya

"Batu nisan yang ada di sana itu dibuat pada tahun 1992, itu berarti sudah 24 tahun yang lalu," kata Suryanto.

Sementara itu, KTP Mbah Gotho pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Disdukcapil yang menyatakan data tersebut benar dan bukan rekayasa. Oleh karena hal itu, ia mendapatkan gelar manusia tertua yang masih hidup, setelah sebelumnya gelar manusia tertua dipegang oleh wanita asal Perancis, Jeanne Calment yang meninggal diusia 122 tahun atau lebih muda 23 tahun dari Mbah Gotho.

(dits/Tribunnews/Viva)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)