SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menteri ESDM Resmi Diberhentikan Karena Dua Kewarganegaraan, Tanggung Jawab Siapa?

Selasa, 16 Agustus 2016 10:20 by reinasoebisono | 824 hits
Menteri ESDM Resmi Diberhentikan Karena Dua Kewarganegaraan, Tanggung Jawab Siapa?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Menjawab dilema status kewarganegaraan Menteri Energi, Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Archandra Tahar akhirnya diberhentikan secara hormat oleh Presiden Joko Widodo. Meski begitu, pihak Istana enggan menjelaskan secara rinci alasan sebenarnya presiden memutuskan untuk memberhentikan Archandra.

"Menyikapi pertanyaan-pertanyaan publik terkait status kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Saudara Arcandra Tahar. Dan, setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,," kata Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Meski begitu, ada banyak pertanyaan yang belum terjawab soal mekanisme pemilihan hingga pengangkatan seorang menteri. Menjadi tanggung jawab siapa kelalaian yang jika sebenarnya status kewarganegaraan harus jadi perhatian seleksi.

Ahli Hukum Tata Negara Irmanputra Sidin berpendapat jika hal tersebut tak terlepas dari tugas Menteri Sekretaris Negara. Meskipun, pemilihan seorang menteri adalah hak prerogatif presiden. Namun pihak yang berkompeten untuk menilai calon menteri adalah mensesneg.

Karena itu, Mensesneg dan Presiden memiliki tanggung jawab untuk kelengkapan dan kelayakan pemilihan seorang menteri. Irmanputra menambahkan jika masalah Archandra ini jadi pelajaran berharga untuk pemerintah ke depannya.

“Dalam hal ini Archandra tidak bersalah,” kata Irmanputra.

Sebelumnya, sejumlah pesan berantai melalui Whatsapp beredar di antara pers. Isinya mempertanyakan integritas Arcandra yang dinilai memiliki posisi penting di sektor ESDM, tetapi memiliki kewarganegaraan AS.

Arcandra sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS. Karena Indonesia belum mengakui dwikewarganegaraan, secara hukum Arcandra dinilai sudah kehilangan status WNI-nya.

(rei/Berita Satu/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)