home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menteri ESDM Resmi Diberhentikan Karena Dua Kewarganegaraan, Tanggung Jawab Siapa?

Selasa, 16 Agustus 2016 10:20 by reinasoebisono | 917 hits
Menteri ESDM Resmi Diberhentikan Karena Dua Kewarganegaraan, Tanggung Jawab Siapa?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Menjawab dilema status kewarganegaraan Menteri Energi, Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Archandra Tahar akhirnya diberhentikan secara hormat oleh Presiden Joko Widodo. Meski begitu, pihak Istana enggan menjelaskan secara rinci alasan sebenarnya presiden memutuskan untuk memberhentikan Archandra.

"Menyikapi pertanyaan-pertanyaan publik terkait status kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Saudara Arcandra Tahar. Dan, setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,," kata Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Meski begitu, ada banyak pertanyaan yang belum terjawab soal mekanisme pemilihan hingga pengangkatan seorang menteri. Menjadi tanggung jawab siapa kelalaian yang jika sebenarnya status kewarganegaraan harus jadi perhatian seleksi.

Ahli Hukum Tata Negara Irmanputra Sidin berpendapat jika hal tersebut tak terlepas dari tugas Menteri Sekretaris Negara. Meskipun, pemilihan seorang menteri adalah hak prerogatif presiden. Namun pihak yang berkompeten untuk menilai calon menteri adalah mensesneg.

Karena itu, Mensesneg dan Presiden memiliki tanggung jawab untuk kelengkapan dan kelayakan pemilihan seorang menteri. Irmanputra menambahkan jika masalah Archandra ini jadi pelajaran berharga untuk pemerintah ke depannya.

“Dalam hal ini Archandra tidak bersalah,” kata Irmanputra.

Sebelumnya, sejumlah pesan berantai melalui Whatsapp beredar di antara pers. Isinya mempertanyakan integritas Arcandra yang dinilai memiliki posisi penting di sektor ESDM, tetapi memiliki kewarganegaraan AS.

Arcandra sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS. Karena Indonesia belum mengakui dwikewarganegaraan, secara hukum Arcandra dinilai sudah kehilangan status WNI-nya.

(rei/Berita Satu/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)