SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jalankan ‘Komunitas Bunuh Diri’, Gadis 12 Tahun di Korea Terancam Hukuman Penjara

Jumat, 12 Agustus 2016 11:14 by zia92 | 4463 hits
Jalankan ‘Komunitas Bunuh Diri’, Gadis 12 Tahun di Korea Terancam Hukuman Penjara
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Sama seperti operasi plastik, kasus bunuh diri bisa dibilang menjadi suatu hal yang menjadi sisi gelap dari gemerlapnya kehidupan di Korea Selatan. Meski mengejutkan, namun tak mengherankan jika di Negeri Ginseng tersebut ada komunitas-komunitas yang membicarakan tentang bunuh diri.

Namun yang lebih mengejutkan adalah operator atau orang yang menjalankan salah satu komunitas online ‘bunuh diri’ tersebut adalah seorang gadis yang masih berusia 12 tahun. Pada Kamis (11/8) kemarin, pihak kepolisian dan Pusat Pencegahan Bunuh Diri Korea menyatakan hal tersebut.

Polisi dan Pusat yang berada di bawah Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan berhasil menemukan komunitas tersebut pada bulan lalu saat melakukan pemantauan website-website yang berhubungan dengan bunuh diri.

Mereka melacak alamat IP dari operator komunitas dan mendapati jika si pemilik merupakan siswa Sekolah Dasar, yang identitasnya dirahasiakan. Gadis tersebut rupanya merupakan anggota yang kemudian direkomendasikan menjadi operator.

Melansir Korea Times, komunitas tersebut dibuka pada 2013 lalu dengan tujuan konseling tentang berbagai masalah. Beberapa anggotanya berbicara tentang bunuh diri. Dan sebagai operator, gadis tersebut menjawab secara aktif tentang postingan yang dibuat anggota komunitas.

Baca juga: Siswi SMP Nekat Bunuh Diri dari Lantai 33 Apartemen Rasuna Karena Depresi Pelajaran Sekolah?

Anggota komunitas itu pun semakin banyak, dengan para anggota yang berbagi informasi rinci tentang metode bunuh diri atau mencari jalan untuk melakukan bunuh diri.

“Dia mengatakan pada kami jika tidak memiliki niatan untuk membunuh dirinya sendiri dan juga tidak ingin orang lain bunuh diri tapi menulis hal-hal tersebut hanya untuk bersenang-senang,” ujar salah seorang petugas Pusat.

Menurut undang-undang terkait, operator komunitas tersebut bisa dikenai hukuman penjara satu sampai 10 tahun karena membantu dan bersekongkol dalam bunuh diri. Namun Pusat dan polisi menyimpulkan tidak ada yang bunuh diri melalui komunitas tersebut. Akhirnya komunitas tersebut ditutup dan si gadis ditawarkan untuk menjalani konsultasi.

(fzh)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)