SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diarak Dari Monas ke Istana, Presiden Jokowi Ubah Kebiasaan Bendera 17 Agustusan!

Kamis, 11 Agustus 2016 21:00 by reinasoebisono | 6088 hits
Diarak Dari Monas ke Istana, Presiden Jokowi Ubah Kebiasaan Bendera 17 Agustusan!
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Akan ada pemandangan berbeda pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 minggu depan. Upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diadakan di Istana Negara akan mengalami ‘ritual’ baru.

Jika pada tradisi sebelumnya, bendera Merah Putih akan diletakkan di depan Presiden sebelum akhirnya diberikan kepada pasukan pengibar bendera, kali ini bendera pusaka akan ‘diarak’ dari Monas ke Istana. Sehingga, perayaan hari kemerdekaan akan lebih meriah.

Sebelum dikibarkan, bendera Merah Putih akan diarak oleh iring-iringan dan konvoi. Menariknya, ide ini datang dari Presiden Joko Widodo sendiri. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan hal ini dilakukan agar simbol negara dapat disaksikan langsung sekaligus dihormati oleh masyarakat.

Baca juga: Hadiah untuk Masyarakat di 17 Agustus: Belanja Diskon Seluruh Mall Indonesia!

"Untuk 17 Agustus 2016 ini, bendera pusaka akan diarak dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana," ujar  Darmansjah melansir Kompas. "Biasanya kan sesuatu yang dihormati kan dibikin seremoni. Nah, inilah seremoninya,"

Dengan begitu, masyarakat umum berkesempatan melihat langsung bagian dari upacara bendera yang sakral setiap tahunnya. Mengingat upacara bendera di Istana Negara hanya dihadiri oleh para undangan saja. Sejauh ini, persiapan perayaan 17 Agustus di Istana sudah mencapai 75% dan akan digelar gladi bersih dari tanggal 13-15 Agustus mendatang.

(rei)

  • HOT !
    Kecelakaan di Jalan P Diponegoro, Kecamatan Bumiayu, Brebes, sontak jadi pembicaraan karena beruntun, menyebabkan kerusakan parah dan menewaskan belasan orang. Olah TKP pun dilakukan oleh Ditlantas Polda Jawa Tengah....
  • HOT !
    Seluruh sampah di DKI Jakarta setiap harinya dibawa ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Tak banyak masyarakat yang tahu seperti apa sebenarnya kondisi di sana....
  • HOT !
    Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta makin siap meramaikan industri penerbangan dengan menampung lebih banyak lagi maskapai yang akan berangkat dan mendarat di sana. Dan tercatat akan ada 8 maskapai yang pindah pada bulan Mei 2018 ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)