home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diarak Dari Monas ke Istana, Presiden Jokowi Ubah Kebiasaan Bendera 17 Agustusan!

Kamis, 11 Agustus 2016 21:00 by reinasoebisono | 6290 hits
Diarak Dari Monas ke Istana, Presiden Jokowi Ubah Kebiasaan Bendera 17 Agustusan!
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Akan ada pemandangan berbeda pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 minggu depan. Upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diadakan di Istana Negara akan mengalami ‘ritual’ baru.

Jika pada tradisi sebelumnya, bendera Merah Putih akan diletakkan di depan Presiden sebelum akhirnya diberikan kepada pasukan pengibar bendera, kali ini bendera pusaka akan ‘diarak’ dari Monas ke Istana. Sehingga, perayaan hari kemerdekaan akan lebih meriah.

Sebelum dikibarkan, bendera Merah Putih akan diarak oleh iring-iringan dan konvoi. Menariknya, ide ini datang dari Presiden Joko Widodo sendiri. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan hal ini dilakukan agar simbol negara dapat disaksikan langsung sekaligus dihormati oleh masyarakat.

Baca juga: 7 Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih, Jaya di Darat Laut dan Udara

"Untuk 17 Agustus 2016 ini, bendera pusaka akan diarak dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana," ujar  Darmansjah melansir Kompas. "Biasanya kan sesuatu yang dihormati kan dibikin seremoni. Nah, inilah seremoninya,"

Dengan begitu, masyarakat umum berkesempatan melihat langsung bagian dari upacara bendera yang sakral setiap tahunnya. Mengingat upacara bendera di Istana Negara hanya dihadiri oleh para undangan saja. Sejauh ini, persiapan perayaan 17 Agustus di Istana sudah mencapai 75% dan akan digelar gladi bersih dari tanggal 13-15 Agustus mendatang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)