SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?

Senin, 08 Agustus 2016 15:15 by reinasoebisono | 1497 hits
Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?
Image source: edusiana.co

DREAMERS.ID - Sepertinya sistem pendidikan Indonesia akan mengalami perubahan dengan terpilihnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Muhadjir Efendy. Mendikbud diketahui nememui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas rencana sistem baru.

Muhadjir mewacanakan akan menambah jam belajar di sekolah Indonesia. Sistem baru ini disebut Full Day School atau (FDS) atau sekolah sehari penuh. Jika resmi diterapkan, sistem ini nantinya akan memulangkan para siswa pada jam 17.00 setiap harinya.

"Jadi kalau FDS itu waktu sehari penuh itu kan nanti bisa menerjemahkan lebih lanjut dari program Nawacita dari beliau yang di mana pendidikan dasar SD dan SMP itu pendidikan karakter lebih banyak dibanding knowledge base-nya," jelas Muhadjir.

Waktu lebih banyak di sekolah ini dijelaskan Muhadjir dengan tujuan untuk memberikan ruang lebih kepada guru untuk mendidik siswanya. Sebagai kompensasi penambahan jam belajar, waktu libur dipertimbangkan untuk dimaksimalkan pada Sabtu dan Minggu.

"Banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam Nawacita itu, dan nanti kompensasinya mungkin hari Sabtu kita bisa liburkan sehingga waktu dengan orangtua dan kegiatan lain akan terkompensasi hari Sabtu-Minggunya," lanjut Muhadjir.

Dalam pertemuannya dengan Wapres, Mendikbud mengaku diminta untuk membuat pilot project tentang FDS ini sebelum wacananya benar-benar direalisasikan. Tentunya dengan segala kelebihan, kekurangan dan manfaat serta kerugian yang diterima pihak sekolah maupun para siswa.

(rei)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)