SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?

Senin, 08 Agustus 2016 15:15 by reinasoebisono | 1459 hits
Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?
Image source: edusiana.co

DREAMERS.ID - Sepertinya sistem pendidikan Indonesia akan mengalami perubahan dengan terpilihnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Muhadjir Efendy. Mendikbud diketahui nememui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas rencana sistem baru.

Muhadjir mewacanakan akan menambah jam belajar di sekolah Indonesia. Sistem baru ini disebut Full Day School atau (FDS) atau sekolah sehari penuh. Jika resmi diterapkan, sistem ini nantinya akan memulangkan para siswa pada jam 17.00 setiap harinya.

"Jadi kalau FDS itu waktu sehari penuh itu kan nanti bisa menerjemahkan lebih lanjut dari program Nawacita dari beliau yang di mana pendidikan dasar SD dan SMP itu pendidikan karakter lebih banyak dibanding knowledge base-nya," jelas Muhadjir.

Waktu lebih banyak di sekolah ini dijelaskan Muhadjir dengan tujuan untuk memberikan ruang lebih kepada guru untuk mendidik siswanya. Sebagai kompensasi penambahan jam belajar, waktu libur dipertimbangkan untuk dimaksimalkan pada Sabtu dan Minggu.

"Banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam Nawacita itu, dan nanti kompensasinya mungkin hari Sabtu kita bisa liburkan sehingga waktu dengan orangtua dan kegiatan lain akan terkompensasi hari Sabtu-Minggunya," lanjut Muhadjir.

Dalam pertemuannya dengan Wapres, Mendikbud mengaku diminta untuk membuat pilot project tentang FDS ini sebelum wacananya benar-benar direalisasikan. Tentunya dengan segala kelebihan, kekurangan dan manfaat serta kerugian yang diterima pihak sekolah maupun para siswa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)