home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?

Senin, 08 Agustus 2016 15:15 by reinasoebisono | 1597 hits
Mendikbud Bertemu Wapres, Bahas Sistem Sekolah Sehari Penuh?
Image source: edusiana.co

DREAMERS.ID - Sepertinya sistem pendidikan Indonesia akan mengalami perubahan dengan terpilihnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Muhadjir Efendy. Mendikbud diketahui nememui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas rencana sistem baru.

Muhadjir mewacanakan akan menambah jam belajar di sekolah Indonesia. Sistem baru ini disebut Full Day School atau (FDS) atau sekolah sehari penuh. Jika resmi diterapkan, sistem ini nantinya akan memulangkan para siswa pada jam 17.00 setiap harinya.

"Jadi kalau FDS itu waktu sehari penuh itu kan nanti bisa menerjemahkan lebih lanjut dari program Nawacita dari beliau yang di mana pendidikan dasar SD dan SMP itu pendidikan karakter lebih banyak dibanding knowledge base-nya," jelas Muhadjir.

Waktu lebih banyak di sekolah ini dijelaskan Muhadjir dengan tujuan untuk memberikan ruang lebih kepada guru untuk mendidik siswanya. Sebagai kompensasi penambahan jam belajar, waktu libur dipertimbangkan untuk dimaksimalkan pada Sabtu dan Minggu.

"Banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam Nawacita itu, dan nanti kompensasinya mungkin hari Sabtu kita bisa liburkan sehingga waktu dengan orangtua dan kegiatan lain akan terkompensasi hari Sabtu-Minggunya," lanjut Muhadjir.

Dalam pertemuannya dengan Wapres, Mendikbud mengaku diminta untuk membuat pilot project tentang FDS ini sebelum wacananya benar-benar direalisasikan. Tentunya dengan segala kelebihan, kekurangan dan manfaat serta kerugian yang diterima pihak sekolah maupun para siswa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)