SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Tak Serius Berantas Narkoba, Ini Anggaran Fantastis Eksekusi Mati

Minggu, 31 Juli 2016 23:00 by reinasoebisono | 1084 hits
Dianggap Tak Serius Berantas Narkoba, Ini Anggaran Fantastis Eksekusi Mati
Image source: Brilio

DREAMERS.ID - Indonesia sering disebut darurat narkoba karena peredaran dan pemakaian narkoba sudah mencapai jumlah yang memprihatinkan. Namun tak ada tanda-tanda keseriusan pihak berwenang untuk memberantasnya. Hukuman mati pun dinilai tak berpengaruh besar untuk efek jera.

Terutama setelah terungkapnya anggaran yang baru saja disebutkan oleh Julius Ibrani, Direktur YLBHI. Julius menuding pemerintah tak serius memberantas narkoba karena berputar di masalah dana yang dianggap tak masuk akal.

Melansir Kompas, untuk mengeksekusi satu orang saja, dibutuhkan anggaran hampir Rp 500 Juta, menurut hasil kajian. Uang tersebut diberikan kepada dua institusi terkait, yaitu Kejaksaan Agung dan Polri.

"Pemerintah tidak berniat menegakkan hukum. Pemberantasan peredaran narkoba hanya omong kosong belaka. Untuk eksekusi satu orang anggarannya mencapai hampir Rp 500 juta," ungkap Julius yang juga pengacara publik itu.

Baca juga: Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik

Lebih lanjut, untuk mengeksekusi seorang terpidana mati, Kejaksaan Agung mendapat Rp 200 Juta, sedangkan kepolisian mendapat sekitar Rp 247 Juta. Artinya, dibutuhkan lebih dari Rp 447 Juta untuk proses eksekusi satu orang.

"Bayangkan jika satu perkara mulai dari penyelidikan, penyidikan sampai penuntutan hanya diberikan Rp 6 juta tapi kenapa eksekusi mencapai Rp 500 juta. Anggaran untuk eksekusi lebih besar daripada untuk penegakan hukumnya," kata Julius.

Di lain sisi, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menganggap jika pemerintah serius memberantas narkoba, hukuman mati tidak akan jadi pilihan. Harusnya pemerintah lebih fokus pada keterlibatan terdakwa hingga sindikat pengedarnya.

(rei)

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)