home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serukan Pesan Mengharukan, ‘Pokemon Go’ Dimanfaatkan Untuk Selamatkan Anak-Anak Suriah!

Jumat, 22 Juli 2016 12:00 by reinasoebisono | 2035 hits
Serukan Pesan Mengharukan, ‘Pokemon Go’ Dimanfaatkan Untuk Selamatkan Anak-Anak Suriah!
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Para pengungsi korban konflik dan perang tentu memiliki nasib yang memprihatinkan, terutama anak-anak. Mulai dari masalah kesehatan hingga psikologis mereka terancam dan kadang tidak banyak yang bisa dilakukan masyarakat dunia.

Namun sebuah kantor berita yang dikelola oleh para aktivis Suriah memiliki cara unik untuk membuat kampanye bantuan terhadap anak-anak Suriah, yaitu dengan game ‘Pokemon Go’! Kampanye ini diluncurkan di beberapa sosial media seperti Twitter dan Facebook.

Unik namun ternyata menyimpan pesan menyentuh, kampanye ini berupa gambar yang menunjukkan handphone dengan tampilan aplikais khas ‘Pokemon Go’ dengan latar kondisi bangunan di beberapa lokasi di Suriah yang telah jadi reruntuhan.


Image source: CNN

Foto mengharukan ini disertai caption mengajak warga dunia menyelamatkan anak-anak tak berdosa itu. “Saya di Suriah. Selamatkan saya!!” kicau kelompok aktivis itu di Twitter. Ada lagi foto yang berlokasi di Ghouta Timur, Suriah. Di mana daerah tersebut diketahui  jadi lokasi meledaknya senjata kimia yang menyebabkan ribuan anak tewas pada tahun 2013.

Tweet lainnya memperlihatkan seorang anak duduk di reruntuhan bangunan namun ditemani monster Pikachu yang berwajah sedih sambil menangis. Tidak lupa disematkan hashtag  #PrayforSyria.  Beberapa foto ini pun dilengkapi dengan logo ‘Syria Go’, bukan ‘Pokemon Go’.

Baca juga: Fitur Baru Pokemon Go Dari Niantic, Bisa Beri Makan Pokemon?

Tampilan monsternya pun diganti dengan beberapa barang yang dicari oleh anak-anak Suriah. Sementara anak muda dunia mencari Pokemon di gadget, anak-anak Suriah bersusah payah mencari buku dan mainan untuk mereka.



Image source: CNN, Al Araby

"Alih-alih mencari monster Pokeman, ada banyak benda yang dicari oleh bocah Suriah setiap harinya, seperti buku sekolah dan mainan-mainan terbengkalai di reruntuhan rumah," ujar desainer Saif Aldeen Tahhan.

Kampanye ini juga sebagai bentuk keprihatinan dan penggerak netizen untuk lebih membuka mata. Publik ramai bicara soal Pokemon di sosial media, karena itu para aktivis melakukan kampanye untuk menarik perhatian agar menyoroti penderitaan saudara-saudara di medan perang tentang apa yang benar-benar dibutuhkan warga Suriah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)