SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Lebaran, Hati-Hati Peredaran Uang Palsu di Kota Besar Ini

Senin, 04 Juli 2016 16:00 by reinasoebisono | 1174 hits
Jelang Lebaran, Hati-Hati Peredaran Uang Palsu di Kota Besar Ini
Image source: prokal.co

DREAMERS.ID - Tradisi bagi-bagi THR saat Lebaran memang salah satu yang ditunggu. Sebelumnya, ada ‘ritual’ belanja keperluan hingga baju baru untuk tampil sempurna di hari raya. Tapi ternyata ada bahaya mengintai, peredaran uang palsu.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengungkapkan banyaknya peredaran uang palsu terjadi justru di kota-kota besar yang perputaran uangnya padat. Kota seperti Jakarta, Surabaya dan Makassar jadi wilayah yang diwaspadai maraknya uang palsu.

"‎Contoh itu terakhir penemuan uang palsu 18 ribu lembar di Taman Mini pada bulan lalu, pelakunya sudah ditangkap," kata Ronald melansir Liputan6.

Baca juga: Pantau Hingga Dini Hari, Gubernur Anies Sebut Puncak Banjir Kiriman Sudah Lewat

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara menambahkan peredaran uang palsu biasanya berbanding lurus dengan peredaran uang aslinya sendiri. Hal ini mengartikan, semakin banyak uang asli yang beredar, semakin banyak pula uang palsu yang beredar karena lebih mudah menyelundupkan uang palsu di tengah banyaknya uang asli.

Karena itulah pihak BI akan bekerjasama dan meningkatkan komunikasi untuk penanganan peredaran uang palsu jelang Lebaran. Bukan hanya lalu lintas arus mudik, namun lalu lintas peredaran uang juga wajib dijaga agar tidak menimbulkan dampar negatif besar untuk masyarakat.

(rei)

  • HOT !
    Terjadi berbagai penolakan atas jenazah para pelaku bom bunuh diri Jawa Timur. Jika sebelumnya untuk kasus bom tiga gereja pelakunya tak diakui keluarga padahalwarga bersedia, hal serupa juga terjadi pada pelau bom Rusun Wonocolo....
  • HOT !
    Foto resmi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat baru menjabat sebagai presiden pada 2014 kembali mencuri perhatian dan mendadak viral. Netizen internasional ramai menyebut bahwa Jokowi mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama....
  • HOT !
    Beredar kabar viral yang mengatakan jika layanan pesan antar makanan dari Gojek yaitu Gofood disusupi ISIS. Sebuah pesan berantai mengatakan jika Gofood telah disusupi kelompok radikal ISIS yang membubuhi racun ke makanan yang dipesan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)