SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor

Kamis, 30 Juni 2016 10:20 by reinasoebisono | 850 hits
Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Operasi pengamanan kegiatan arus mudik Lebaran minggu depan resmi dibuka pagi ini oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Lapangan Polda Metro Jaya. Dengan begitu, Polri resmi memulai Operasi yang dinamakan Operasi Ketupat atau Operasi Ramadaniya.

Berbagai satuan polisi itu juga dibantu oleh sejumlah instansi mulai dari TNI, Kementerian Perhubungan dan Satpol PP. Melansir CNN, total personel yang dikerahkan untuk tahun ini mencapai 150 ribu orang.

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini pun menyentuh angka fantastis, sekitar 17 juta orang dari seluruh wilayah. Aktivitas mudik pun tersebar menggunakan angkutan darat, penyeberangan, kereta api, laut hingga udara.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan terjadi pada H-4 jelang Lebaran, yaitu hari Sabtu mendatang. Sementara arus balik akan mencapai titik tertinggi saat H+3 Lebaran. Beberapa posko pengamanan pun telah mulai dibuka hari ini, terutama di titik kemacetan.

Baca juga: Waspada Titik Macet Saat Libur Panjang Idul Adha Akhir Pekan Besok

Menurut data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik sepeda motor mengalami peningkatan cukup besar. Sekitar 1.4 juta motor, meski pemudik mobil masih jauh di atasnya, sekitar 5.6 juta mobil. Padahal, kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebih banyak terjadi pada kendaraan roda dua.

Karena itu kepolisian akan menilang para pemudik sepeda motor yang berpenumpang lebih dari dua orang. Penumpang yang menaiki sepeda motor lebih dari dua orang akan diangkut menggunakan bus ke daerah tujuan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)