SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor

Kamis, 30 Juni 2016 10:20 by reinasoebisono | 894 hits
Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Operasi pengamanan kegiatan arus mudik Lebaran minggu depan resmi dibuka pagi ini oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Lapangan Polda Metro Jaya. Dengan begitu, Polri resmi memulai Operasi yang dinamakan Operasi Ketupat atau Operasi Ramadaniya.

Berbagai satuan polisi itu juga dibantu oleh sejumlah instansi mulai dari TNI, Kementerian Perhubungan dan Satpol PP. Melansir CNN, total personel yang dikerahkan untuk tahun ini mencapai 150 ribu orang.

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini pun menyentuh angka fantastis, sekitar 17 juta orang dari seluruh wilayah. Aktivitas mudik pun tersebar menggunakan angkutan darat, penyeberangan, kereta api, laut hingga udara.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan terjadi pada H-4 jelang Lebaran, yaitu hari Sabtu mendatang. Sementara arus balik akan mencapai titik tertinggi saat H+3 Lebaran. Beberapa posko pengamanan pun telah mulai dibuka hari ini, terutama di titik kemacetan.

Baca juga: Waspada Titik Macet Saat Libur Panjang Idul Adha Akhir Pekan Besok

Menurut data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik sepeda motor mengalami peningkatan cukup besar. Sekitar 1.4 juta motor, meski pemudik mobil masih jauh di atasnya, sekitar 5.6 juta mobil. Padahal, kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebih banyak terjadi pada kendaraan roda dua.

Karena itu kepolisian akan menilang para pemudik sepeda motor yang berpenumpang lebih dari dua orang. Penumpang yang menaiki sepeda motor lebih dari dua orang akan diangkut menggunakan bus ke daerah tujuan.

(rei)

  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Terjadi berbagai penolakan atas jenazah para pelaku bom bunuh diri Jawa Timur. Jika sebelumnya untuk kasus bom tiga gereja pelakunya tak diakui keluarga padahalwarga bersedia, hal serupa juga terjadi pada pelau bom Rusun Wonocolo....
  • HOT !
    Dari 600 tamu undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, ternyata Presiden Donald Trump tidak termasuk dalam daftar undangan tersebut. Namun sepertinya hal ini tidak dijadikan masalah oleh Presiden Amerika Serikat tersebut, karena ternyata ia memberikan hadiah pernikahan kepada pasangan tersebut....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Park Ra Chel (OC), Cho Kyuhyun SJ, Puteri Ri (OC), Jung Yonghwa CNBlue, Yoochun JYJ, Hoya Infinite

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)