home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wilayah Jawa Tengah Dilanda Banjir dan Longsor, 28 Tewas dan Puluhan Orang Hilang

Minggu, 19 Juni 2016 15:00 by Dits | 1715 hits
Wilayah Jawa Tengah Dilanda Banjir dan Longsor, 28 Tewas dan Puluhan Orang Hilang
image source: antaranews.

DREAMERS.ID - Bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bencana tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu (18/6) kemarin.

Melansir laman CNN, setidaknya dilaporkan 28 orang meninggal dunia dan puluhan orang dinyatakan hilang. Sekitar 16 daerah di Provinsi Jawa Tengah yang dilanda banjir dan longsor adalah Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo. 

Menurut juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Indonesia, Sutopo Purwo Nugroho, mulanya insiden longsor kecil menutup jalan dan kendaraan di Karangrejo. Tiga penumpang truk turun mencoba menyingkirkan puing-puing dari tanah longsor yang memblokir jalan, sementara itu ada sejumlah sepeda motor berada di belakang truk. Namun, secara tiba-tiba terjadi longsor susulan yang lebih besar dan menimbun kendaraan serta mereka yang ada dijalan tersebut.

Banjir akibat luapan Sungai Bogowonto di wilayah Provinsi Jawa Tengah juga menyebabkan beberapa warga tewas dan hilang karena hanyut. Hingga saat ini penanganan dan evakuasi korban masih terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan dibantu oleh sejumlah tim terkait dari TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, dan beberapa instansi lain.

Tim Reaksi Cepat BNPB menurut Sutopo telah dibagi dalam lima group yang tersebar di Jawa Tengah untuk mendampingi BPBD. "Gubernur Jawa Tengah telah memerintahkan BPBD tetangga untuk memberikan bantuan pada daerah-daerah yang mengalami bencana cukup besar," ujar Sutopo.

"Dapur umum dan posko telah didirikan dan Pendataan masih terus dilakukan," tutupnya.

(dits/CNN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)