SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wilayah Jawa Tengah Dilanda Banjir dan Longsor, 28 Tewas dan Puluhan Orang Hilang

Minggu, 19 Juni 2016 15:00 by Dits | 1535 hits
Wilayah Jawa Tengah Dilanda Banjir dan Longsor, 28 Tewas dan Puluhan Orang Hilang
image source: antaranews.

DREAMERS.ID - Bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bencana tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu (18/6) kemarin.

Melansir laman CNN, setidaknya dilaporkan 28 orang meninggal dunia dan puluhan orang dinyatakan hilang. Sekitar 16 daerah di Provinsi Jawa Tengah yang dilanda banjir dan longsor adalah Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo. 

Menurut juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Indonesia, Sutopo Purwo Nugroho, mulanya insiden longsor kecil menutup jalan dan kendaraan di Karangrejo. Tiga penumpang truk turun mencoba menyingkirkan puing-puing dari tanah longsor yang memblokir jalan, sementara itu ada sejumlah sepeda motor berada di belakang truk. Namun, secara tiba-tiba terjadi longsor susulan yang lebih besar dan menimbun kendaraan serta mereka yang ada dijalan tersebut.

Banjir akibat luapan Sungai Bogowonto di wilayah Provinsi Jawa Tengah juga menyebabkan beberapa warga tewas dan hilang karena hanyut. Hingga saat ini penanganan dan evakuasi korban masih terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan dibantu oleh sejumlah tim terkait dari TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, dan beberapa instansi lain.

Tim Reaksi Cepat BNPB menurut Sutopo telah dibagi dalam lima group yang tersebar di Jawa Tengah untuk mendampingi BPBD. "Gubernur Jawa Tengah telah memerintahkan BPBD tetangga untuk memberikan bantuan pada daerah-daerah yang mengalami bencana cukup besar," ujar Sutopo.

"Dapur umum dan posko telah didirikan dan Pendataan masih terus dilakukan," tutupnya.

(dits/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)