SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan Dengan Tito Karnavian, Calon Kapolri Yang ‘Langkahi’ 5 Angkatan Di Bawahnya

Kamis, 16 Juni 2016 17:00 by reinasoebisono | 1673 hits
Kenalan Dengan Tito Karnavian, Calon Kapolri Yang ‘Langkahi’ 5 Angkatan Di Bawahnya
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Akhirnya Istana Negara memberikan nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Mensesneg Pratikno. Nama Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) secara mengejutkan menjadi calon tunggal.

Sebelum nama Tito resmi disebut, pihak istana kompak menutup mulut. Bahkan kabar ini disampaikan oleh Ketua DPR Ade Komarudin, bukan dari Presiden Jokowi. Melansir CNN, Presiden Jokowi memilih Tito Karnavian guna meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat.

Tito sendiri dikenal sebagai Mantan Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dan mengatakan siap menjalan tugas yang diberikan padanya sebelum menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar Kimisi III pada 22 Juni mendatang.

“Ini kepercayaan dari Presiden dan amanah dari Allah SWT. Saya akan laksanakan tugas seoptimal mungkin untuk bangsa, negara, dan masyarakat.” Ungkap Tito. “Masih ada proses yang harus dijalani. Semoga saya mendapat dukungan semua pihak.”


Tito Karnavian (kanan) bersama Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Detik)

Sebenarnya nama Tito Karnavian tidak ada dalam 3 daftar calon Kapolri yang diajukan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Mereka hanya Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan, Kepala BNN Komisaris Jenderal Budi Waseso dan Inspektur Pengawasan Umum Polri Komisaris Jenderal Dwi Priyatno.

Baca juga: Kapolri Soal Reuni 212: Enggak Bakal Jauh-Jauh dari Politik 2018-2019

Tito Karnavian awalnya menolak dicalonkan karena masih ingin fokus memberantas teroris di Indonesia. Selain itu, tahun angkatan Tito juga jadi perdebatan. Karena jadi lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1987, Tito melangkahi lima angkatan yang sekarang masih jadi polisi aktif untuk dicalonkan sebagai Kapolri.

Namun hal itu ditepis oleh Mendagri Tjahjo Kumolo karena pencalonan Kapolri adalah hak prerogatif Presiden dan ditentukan oleh cukupnya bintang di pundak sang perwira. "Tapi (soal) bintang enggak ada senior dan junior. Itu diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Menko Polhukam, Ketua Kompolnas," ujar Tjahjo.

Karir Tito Karnavian dikenal sebagai mantan Tim Kobra yang memimpin penangkapan Tommy Soeharto dalam kasus pembunuhan hakim Safiuddin Kartasasmita. Selain itu, Tito juga dianggap sebagai perwira bintang 3 paling berprestasi dan layak menjadi jenderal di puncak kepemimpinan polisi Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)