SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Sidang Isbat Selalu Digelar Tertutup

Minggu, 05 Juni 2016 23:00 by reinasoebisono | 1770 hits
Ini Alasan Sidang Isbat Selalu Digelar Tertutup
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Setiap kali penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal, pemerintah dan ormas-ormas Islam bertemu untuk kemudian menggelar sidang isbat. Namun jalannya sidang isbat sendiri selama ini berlangsung secara tertutup. Apa alasannya?

"Jadi berbagai masukan yang kami terima dari ormas Islam, MUI dan banyak kalangan, kami bersepakat bahwa yang dibutuhkan masyarakat soal sidang isbat adalah hasilnya, bukan prosesnya," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantornya saat menggelar jumpa pers sidang isbat, Minggu (5/6).

Menurut Menteri Lukman, sidang isbat banyak hal-hal teknis yang hanya dimengerti oleh para ahli. Masyarakat awam, kata Menag belum tentu paham jika mengikuti sidang isbat tersebut.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 27 Mei Sebagai 1 Ramadhan Lewat Sidang Isbat

"Kalau sidang isbat diikuti masyarakat awam takut menimbulkan kesalahpahaman, belum lagi persoalan non teknis yang terjadi bila disiarkan," ujarnya.

"Jadi kami melihat antara mudarat dan manfaatnya, kami putuskan sidang secara tertutup karena mudaratnya lebih banyak," imbuhnya.

[hhw]

Source:
Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)