home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Sidang Isbat Selalu Digelar Tertutup

Minggu, 05 Juni 2016 23:00 by reinasoebisono | 1893 hits
Ini Alasan Sidang Isbat Selalu Digelar Tertutup
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Setiap kali penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal, pemerintah dan ormas-ormas Islam bertemu untuk kemudian menggelar sidang isbat. Namun jalannya sidang isbat sendiri selama ini berlangsung secara tertutup. Apa alasannya?

"Jadi berbagai masukan yang kami terima dari ormas Islam, MUI dan banyak kalangan, kami bersepakat bahwa yang dibutuhkan masyarakat soal sidang isbat adalah hasilnya, bukan prosesnya," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantornya saat menggelar jumpa pers sidang isbat, Minggu (5/6).

Menurut Menteri Lukman, sidang isbat banyak hal-hal teknis yang hanya dimengerti oleh para ahli. Masyarakat awam, kata Menag belum tentu paham jika mengikuti sidang isbat tersebut.

Baca juga: Bagaimana Penjelasan Awal Puasa Berbeda Tapi Kemungkinan Lebaran Bisa Bersamaan?

"Kalau sidang isbat diikuti masyarakat awam takut menimbulkan kesalahpahaman, belum lagi persoalan non teknis yang terjadi bila disiarkan," ujarnya.

"Jadi kami melihat antara mudarat dan manfaatnya, kami putuskan sidang secara tertutup karena mudaratnya lebih banyak," imbuhnya.

[hhw]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)