SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1437 H Pada Senin 6 Juni 2016

Minggu, 05 Juni 2016 20:00 by Dits | 1322 hits
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1437 H Pada Senin 6 Juni 2016
Image source: muslimmedia

DREAMERS.ID - Akhirnya usai mendengarkan laporan dari 93 petugas dari 93 wilayah di Indonesia, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada 6 Juni 2016. Hal ini setelah dilaporkan hisab dengan posisi hilal sekitar pukul 10.00 WIB berada di 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit di seluruh tanah air.

Dari sisi rukyat dari 6 wilayah yaitu Belu di NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro semua telah melihat hilal.

"Atas dasar perhitungan hisab dan laporan petugas yang melihat hilal, menyepakati kita sudah masuk Ramadan, maka kemudian secara mufakat disepakati puasa 1 Ramadhan 1437 H akan dimulai besok hari Senin tanggal 6 juni 2016," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 150.851 Motor dan 13.401 Mobil Masuk Jabodetabek!

Politikus PPP ini menambahkan, dengan penetapan 1 Ramadhan ini, pemerintah berharap menjaga bulan Ramadhan dengan kualitas ibadah. Selain itu, ia juga meminta setiap umat menjaga toleransi.

"Menjaga toleransi. Karena satu dan lain hal tidak menjalani puasa dan saling menghargai satu dengan lain kesucian tetap kita jaga," ujarnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)